Sabtu, 22 Des 2018 06:57 WIB

Grab Bakal Dapat Rp 14,5 Triliun Lagi dari SoftBank?

Akfa Nasrulhak - detikInet
Grab disebut akan kembali mendapat pendanaan dari SoftBank, yang nilainya mencapai Rp 14,5 triliun. Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Grab disebut akan kembali mendapat pendanaan dari SoftBank, yang nilainya mencapai Rp 14,5 triliun. Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - SoftBank dikabarkan akan kembali menyuntikkan dana lebih dari USD 1 miliar, atau setara Rp 14,5 triliun (USD 1 = Rp 14.555), ke Grab. Kucuran dana itu bakal dialirkan melalui lembaga penggalangan dana milik salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Jepang tersebut, yakni Vision Fund.

Mengutip halaman TechCruch, Sabtu (22/12/2018), dua sumber yang mengetahui rencana ini menyebutkan suntikan dana tersebut bisa meningkat hingga USD 1,5 miliar atau Rp 21,8 triliun. Namun, perwakilan SoftBank belum menanggapi terkait hal ini.

Vision Fund diketahui telah melakukan investasi sebesar USD 3 miliar pada startup dan perusahaan teknologi di Asia, seperti Tokopedia dan Coupang dalam beberapa bulan terakhir. Termasuk ikut dalam penggalangan dana yang dilakukan startup operator hotel India, OYO, yang berhasil mengumpulkan dana senilai USD 1 miliar pada September 2018.


Selain itu, Vision Fund juga menyuntik e-commerce Korea Selatan dalam putaran penggalangan dana sebesar USD 2 miliar dan jadi investor pemimpin bersama dengan Alibaba dalam penggalangan dana untuk Tokopedia sebesar USD 1,2 miliar.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasikan November 2018, SoftBank berencana akan mengalihkan kepemilikan sahamnya dari startup ride-hailing Uber (AS dan Eropa), Didi Chuxing (China), Ola (India), dan Grab (Asia Tenggara) ke Vision Fund. Namun tidak jelas kapan pengalihan tersebut dimulai.

"Perusahaan mengharapkan prosedur yang diperlukan akan dilakukan di masa depan untuk mendapatkan persetujuan yang berlaku dari mitra kami dan persetujuan pengaturan untuk transfer," kata SoftBank dalam laporan tersebut.

Tahun ini menjadi penting bagi Grab sebab banyak investor yang menyuntikkan dana dan bekerja sama dengannya. Sebelum suntikan dana dari Vision Fund, Grab sudah mengumpulkan dana USD 3 miliar.


Salah satu sumber mengatakan bahwa investasi di Grab bergantung pada transfer ekuitas yang dibuat, seperti halnya dengan Tokopedia dan Coupang, yang melihat kepemilikan saham SoftBank ditransfer ke dana di Kuartal III tahun ini.

Sebelumnya diberitakan, selama empat tahun terakhir dengan empat kali suntikan, setidaknya SoftBank telah mengucurkan dana segar ke Grab hingga USD 4 miliar, di mana dengan catatan USD 2,5 miliar di antaranya berbagi dengan Didi Chuxing.

Bila mengacu pada angka total keseluruhan, maka SoftBank telah menggelontorkan USD 4 miliar atau sekitar Rp 58,2 triliun ke saku Grab.


Simak juga video 'Cerita Driver Taksi Online ke Turki Gratis Bermodalkan Kejujuran':

[Gambas:Video 20detik]

Grab Bakal Dapat Rp 14,5 Triliun Lagi dari SoftBank?
(prf/krs)