Rabu, 12 Des 2018 12:47 WIB

Tokopedia Diguyur Dana Rp 16 T, William Tanuwijaya Angkat Bicara

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
William Tanuwijaya berkomentar soal pendanaan terbaru yang didapat Tokopedia dengan nominal Rp 16 triliun. Foto: Tokopedia William Tanuwijaya berkomentar soal pendanaan terbaru yang didapat Tokopedia dengan nominal Rp 16 triliun. Foto: Tokopedia
Jakarta - Tokopedia mengumumkan bahwa pihaknya baru saja mendapat guyuran dana segar sebesar USD 1,1 miliar, atau sekitar Rp 16 triliun. Investasi ini disebutnya banyak berasal dari SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group, dengan kontribusi dari para penanam modal sebelumnya.

Rencananya, e-commerce besutan William Tanuwijaya ini akan menggunakan dana tersebut untuk mendorong pembangunan teknologi dan infrastruktur. Ini menjadi bagian dari fokus mereka dalam mendorong pembangunan ekonomi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Selain itu, William sendiri mengatakan bahwa Tokopedia punya pandangan baru dalam memasuki tahun kesepuluhnya ini beroperasi. Hal ini berkaitan dengan pengembangan ekosistem e-commerce tersebut.




"Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital. Memasuki tahun kesepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem kami menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS)," ujar William dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Rabu (12/12/2018).

"Ini akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistem Tokopedia," katanya menambahkan.




Saat ini, Tokopedia sudah menjangkau 93% kecamatan di Tanah Air. Daerah-daerah tersebut tersebar di lebih dari 17.000 pulau yang ada di Indonesia.

Sedangkan gross merchandise value (GMV) Tokopedia tahun ini meningkat hingga empat kali lipat. Salah satu dari empat startup unicorn lokal ini juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25% transaksi yang terjadi dalam platformnya.



Simak juga video saat 'Suntikan Dana US$ 1 M untuk Tokopedia':

[Gambas:Video 20detik]

(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed