Kamis, 22 Nov 2018 20:05 WIB

Lenovo Kenalkan ThinkShield, Apa Itu?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Lenovo memperkenalkan ThinkShield (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET) Lenovo memperkenalkan ThinkShield (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)
Jakarta - ThinkPad, ThinkCentre, ThinkStation, hingga Yoga tentu sudah akrab diasosiasikan ke Lenovo. Kini, ada lini baru yang diperkenalkan oleh perusahaan tersebut.

Walau sama-sama mengusung nama 'Think' di bagian depannya, lini ini bukanlah perangkat keras seperti para pendahulunya. ThinkShield adalah solusi keamanan yang ditawarkan Lenovo kepada pelanggannya, baik itu masyarakat luas maupun enterprise.

Ada empat aspek yang dilindung oleh ThinkShield. Perangkat, data, identitas, serta penggunaan internet.




Soal perangkat, pelindungannya tampak dari, salah satunya, penutup kamera laptop. Jadi, Lenovo menyediakan sebuah shutter yang bisa mengaktifkan penutup kamera laptop bersangkutan. Fitur ini bahkan diklaim jadi yang pertama di industri tersebut.

Untuk data, mereka menyediakan layanan Keep Your Drive. Hal ini dapat memastikan informasi-informasi yang sifatnya sensitif tetap berada di tanga pemiliknya.

Lalu, dalam hal identitas, ada yang namanya teknologi match-on-chip fingerprint. Jadi, terdapat chip di dalam pemindai sidik jari yang berguna untuk merekam dan melakukan otentikasi sidik jari langsung di dalam pemindai.

"Hal ini menghindari data dibajak oleh pelaku cybercrime ketika informasi sidik jari sedang dalam perjalanan untuk otentikasi," ujar Eddie Ang, Executive Director, Enterprise Business, Lenovo Central Asia Pacific.




Sedangkan bagi pengguna internet, perusahaan yang memiliki kantor pusat di China dan Amerika Serikat ini bisa mendeteksi ancaman saat user hendak mendapat koneksi dari sebuah WiFi. Setelahnya, ia akan memberikan notifikasi yang menyatakan bahwa jaringan nirkabel itu tidak aman.


(rns/krs)