Selasa, 30 Okt 2018 20:14 WIB

Elon Musk Angkat Kaki dari Tesla?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut Elon Musk setelah dirinya mengaku sudah melepas jabatannya di Tesla. Foto: Reuters Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut Elon Musk setelah dirinya mengaku sudah melepas jabatannya di Tesla. Foto: Reuters
Jakarta - Pernyataan mengejutkan dilontarkan Elon Musk. Pria berjuluk Iron Man di dunia nyata ini mengatakan dirinya sudah bukan siapa-siapa lagi di Tesla.

Hal tersebut diungkapkannya melalui akun Twitter pribadinya. Lebih lanjut lagi, dirinya mengaku kondisinya baik-baik saja setelah melepas jabatannya di perusahaan pembuat mobil listrik itu.




"Menghapus jabatan saya di Tesla pekan lalu untuk melihat apa yang terjadi. Sekarang saya adalah bukan siapa-siapa di Tesla. Tampak baik sejauh ini," tulisnya.

Tak lama berselang, ia melanjutkan cuitan tersebut dengan kicauan berikutnya. Kali ini, ia mengatakan soal kebijakan yang melibatkan pihak berwenang.

"Pejabat yang diwajibkan secara hukum dari sebuah perusahaan adalah presiden, bendahara dan sekretaris. Sepertinya saya harus menjaga yang pertama atau itu akan membingungkan otoritas," katanya.

Menariknya, tweet tersebut dibalas oleh Ross Gerber, salah satu investor Tesla. Ia mengatakan bahwa dirinya akan menghapus miliknya juga. Bisa jadi, itu artinya dia tak akan lagi menggelontorkan dana untuk perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat itu.

Masih belum jelas apakah Elon benar-benar melepas jabatannya sebagai CEO sekaligus Chairman dari Tesla. Walau begitu, tanda-tanda mundurnya Elon memang sudah muncul sejak akhir September lalu.

Hal ini bermula dari tuntutan badan pengawas pasar saham Amerika Serikat (SEC) terkait cuitannya yang ingin membawa Tesla menjadi perusahaan privat. Meski memutuskan untuk berdamai, Elon harus membayar penalti sebesar USD 20 juta.

Tidak hanya itu, dalam 45 hari ke depan, dirinya harus mundur sebagai chairman Tesla selama tiga tahun. Namun, ia masih dapat mempertahankan posisinya sebagai CEO Tesla.

Dengan tenggat waktu 45 hari yang diberikan SEC sejak akhir September lalu, tentunya masih terlalu dini bagi Elon untuk mengundurkan diri. Terlebih, ia mengatakan dirinya sudah melepas jabatannya sejak pekan lalu, hanya sekitar tiga minggu setelah keputusan dari SEC keluar.

Apalagi, dengan mengatakan dirinya bukan siapa-siapa lagi di Tesla, ada kemungkinan juga jika Elon turut melepas jabatan CEO yang sebenarnya masih bisa dipertahankan olehnya. Entah apa yang sebenarnya dimaksud dari kicauannya ini, mengingat Elon memang sering melantur di Twitter.









(mon/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed