Selasa, 03 Jul 2018 22:53 WIB

Dell Kembali Jadi Perusahaan Publik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Michael Dell. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II Michael Dell. Foto: detikINET/Achmad Rouzni Noor II
Jakarta - Setelah beberapa tahun menjadi perusahaan privat, kini Dell kembali ke pasar modal dan memperdagangkan sahamnya senilai USD 22 miliar.

Meski sudah kembali ke pasar modal alias go public, Michael Dell dan perusahaan investasi Silver Lake masih memegang kendali perusahaan asal Amerika Serikat tersebut. Keduanya memborong saham Dell senilai USD 25 miliar pada 2013, dan menjadikan Dell sebagai perusahaan privat.

Sejak berubah menjadi perusahaan privat itu, Dell sukses mengembangkan bisnisnya baik di pasar enterprise maupun PC kelas consumer, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (3/7/2018).


Pada 11 Januari 2013, Michael Dell menyatakan Dell akan menjadi perusahaan privat dan tidak lagi menjual saham ke publik. Dengan nilai pembelian 24,4 miliar, yang membuat mereka keluar dari bursa saham.

Dengan mengontrol penuh perusahaannya, Dell pun berharap bisa berjaya lagi seperti dahulu. "Akuilah akan ada kegagalan dan tantangan. Namun Anda akan belajar dari kesalahan Anda dan kesalahan orang lain," katanya suatu ketika.

Setelah kembali masuk ke pasar modal, Michael Dell dan Silver Lake juga akan tetap mengendalikan VMWare, yang merupakan bagian dari akuisisi EMC oleh Dell pada 2015.

"Pertumbuhan data yang sangat tinggi menjadi pemicu tumbuhnya era digital di dunia teknologi informasi. Kami berada di posisi yang unik dengan jajaran portfolio teknologi dan layanan untuk mentransformasi dunia digital, IT, keamanan dan tenaga kerja pada konsumen kami," tulis Dell dalam keterangan resminya. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed