Sabtu, 30 Jun 2018 16:28 WIB

Komunitas Bukalapak Ajak Pelaku UKM Banjarmasin Bisnis Online

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Bukalapak Foto: Bukalapak
Banjarmasin - Komunitas Bukalapak berupaya mengajak pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) untuk terjun ke bisnis online. Program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) pun digelar demi mewujudkan hal tersebut.

BNBK dihelat sejak 2016 silam, kini kegiatan tersebut singgah ke kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Acara tersebut digelar selama dua hari, 30 Juni hingga 1 Juli 2018.

Lewat BNNK, Komunitas Bukalapak ingin memberikan wawasan kepada pra peserta, dalam hal ini pelaku UKM di Banjarmasin, tentang berbisnis secara online. Selain itu meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut, serta melakukan pendampingan sehingga memastikan adanya perkembangan bisnis dari para peserta.



"Kami melihat antusiasme dan semangat yang tinggi untuk menjadi pebisnis online di diri para peserta. Lebih dari itu, kami pun bangga akan semangat dan antusiasme yang luar biasa dari masing-masing komunitas dalam merancang, menyiapkan, dan menjalankan BNBK di kota mereka." kata Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak dalam keterangan resminya, Sabtu (30/6/2018).

Fajeri Hidayat (Koordinator Lapangan Komunitas Bukalapak Banjarmasin)  Memberikan materi mengenai mengapa harus berjualan online dalam acara  Belajar Ngelapak Bersama Komunitas Bukalapak Banjarmasin.Fajeri Hidayat (Koordinator Lapangan Komunitas Bukalapak Banjarmasin) Memberikan materi mengenai mengapa harus berjualan online. Foto: Bukalapak


Selama dua hari pelatihan, para peserta diberikan materi dan bimbingan. Pada kesempatan kali ini, Tante Ressy yang merupakan Ranger Komunitas Bukalapak Yogyakarta hadir memberikan materi pengenalan mengenai Bukalapak dan bagaimana mengoptimalisasi pemasaran barang jualan seperti teknik pengambilan foto produk, dan menulis deskripsi barang yang baik dan benar.

Tim dari beberapa divisi di Bukalapak turut serta memberikan wawasan kepada peserta seperti tentang customer service dan service excellent. Tidak ketinggalan hadir dua pemateri lain yakni Mayland Hendar Prasetyo, Head of Marketing Communication Division JNE dan Bambang Tribaroto, Corporate Secretary Bank Rakyat Indonesia.



Pihak JNE sebagai memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak. Sedangkan BRI akan memperkenalkan fitur Indonesia Mall yang ada di aplikasi Bukalapak untuk mempromosikan produk swakarya dari para pelaku UKM serta memberikan edukasi tentang literasi perbankan.

"Harapannya dengan adanya program BNBK ini akan semakin meningkatkan semangat para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara online," tutup Muhammad Fikri. (afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed