Minggu, 03 Jun 2018 09:38 WIB

Apple Rambah Bisnis Iklan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages - Justin Sullivan Foto: Gettyimages - Justin Sullivan
Jakarta - Apple disebut akan mulai menyeriusi ranah bisnis baru, yaitu iklan. Dan ini akan menjadi perubahan strategi bisnis yang cukup besar bagi perusahaan asal Cupertino, Amerika Serikat tersebut.

Pasalnya, sampai saat ini Apple masih menjadikan penjualan hardwarenya seperti iPhone, iPad, dan lainnya sebagai prioritas pemasukan. Namun terjadinya penurunan penjualan ponsel secara global menjadi pemicu bagi Apple untuk mengubah strategi tersebut.

Konsumen ponsel kini menggunakan ponsel mahalnya untuk rentang waktu yang lebih lama ketimbang sebelumnya. Artinya, pemasukan perusahaan penjual ponsel kelas atas seperti Apple akan mengalami penurunan pemasukan.


Itulah sebabnya Apple disebut tengah bertemu dengan sejumlah perusahaan seperti Snap, Pinterest dan lainnya yang tertarik untuk beriklan di jaringan iklan Apple. Iklan tersebut akan didistribusikan melalui sejumlah aplikasinya di iOS.

Apple sendiri sebenarnya sudah mulai menjual jasa iklannya di App Store, yang pada laporan keuangan tahun lalu mencatatkan pemasukan sebesar USD 1 miliar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (3/6/2018).

Namun yang perlu diperhatikan di sini adalah kebanggaan Apple yang mengaku tak akan pernah memanfaatkan data penggunanya untuk mencari keuntungan. Yaitu melihat bagaimana cara Apple menggenjot bisnis iklannya tanpa perlu memanfaatkan data pengguna, seperti yang dilakukan oleh Google dan Facebook. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed