Sabtu, 19 Mei 2018 13:09 WIB

Agar Selamat, ZTE Diminta AS Dirombak

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Nasib ZTE masih di ujung tanduk karena dikenai sanksi tak dapat memakai teknologi asal Amerika Serikat (AS). Memang, Presiden AS Donald Trump sudah bersedia membantu, tapi agaknya ada syarat berat di baliknya.

Sekretaris perdagangan AS, Wilbur Look dilaporkan sedang menganalisa kemungkinan sanksi ZTE dicabut, namun harus ada perubahan besar-besaran di segala lini perusahaan teknologi asal China tersebut.

"Perubahan manajemen, perubahan direksi, perubahan segalanya. Itu tergantung Mr Ross, yang akan membuat rekomendasi ke Presiden," kata penasihat ekonomi Gedung Putih, Larry Kudlow.


Dikutip detikINET dari Reuters, saat ini sedang dilangsungkan pembicaraan antara AS dan China untuk meminimalisir perang dagang di antara mereka yang belakangan kian panas.

Seperti diberitakan sebelumnya, Trump belum lama ini mengumumkan akan membantu ZTE menjalankan kembali bisnis utamanya. Alasan dia, ZTE merupakan salah satu sumber dana besar bagi korporasi AS yang memproduksi perlengkapan teknologi.


"ZTE, perusahaan ponsel besar asal China, memiliki persentase besar membeli komponen-komponen perlengkapan teknologi perusahaan AS. Ini menjadi cerminan dari perjanjian dagang yang lebih besar dengan China, sekaligus hubungan saya dengan Presiden Xi," ujar Trump.

Namun demikian tampaknya tak gampang bagi ZTE kembali berbisnis karena manajemennya kemungkinan harus diganti seluruhnya. AS sepertinya menganggap mereka bertanggungjawab melanggar aturan dengan menjual teknologi ke negara daftar hitam seperti Iran dan Korea Utara. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • YouTube Pulih, Netizen Gembira

    YouTube Pulih, Netizen Gembira

    Rabu, 17 Okt 2018 10:25 WIB
    Setelah sempat tumbang sekitar 45 menit, YouTube saat ini sudah pulih dan bisa diakses. Tumbangnya YouTube terjadi di versi website dan aplikasi mobile.
  • Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Layanan Down, Ini Kata YouTube

    Rabu, 17 Okt 2018 09:39 WIB
    Layanan YouTube down pada Rabu (17/10/2018) pagi WIB ini. Berikut penjelasan pihak YouTube mengenai masalah tersebut.
  • iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    iPhone XR Sudah Kantongi Restu Kominfo

    Rabu, 17 Okt 2018 09:20 WIB
    Pada Jumat (19/10/2018), iPhone XR mulai dibuka pemesanan awalnya. Meski keran pre-order belum sampai di Indonesia, ponsel ini sudah mengantongi restu Kominfo.
  • YouTube Down di Sejumlah Negara

    YouTube Down di Sejumlah Negara

    Rabu, 17 Okt 2018 09:10 WIB
    Situs berbagi video terbesar di dunia, YouTube, dipastikan tumbang alias tidak dapat diakses. Kejadian ini menimpa pengguna di berbagai negara.
  • YouTube Dilaporkan Tumbang

    YouTube Dilaporkan Tumbang

    Rabu, 17 Okt 2018 09:00 WIB
    Pengguna akan melihat pesan error saat mencoba melakukan beragam fungsi di YouTube. Termasuk login, upload atau memutar konten.
  • Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Twitter Bisa Lacak Akun Penyebar Kebencian

    Rabu, 17 Okt 2018 08:42 WIB
    Twitter cukup kewalahan dalam mengatasi konten yang berisikan tentang ujaran kebencian. Menghadapi isu tersebut, mereka tengah merancang jurus jitunya.
  • WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    WhatsApp Perpanjang Waktu Hapus Pesan

    Rabu, 17 Okt 2018 07:59 WIB
    WhatsApp memperbarui fitur 'Delete for Everyone'. Update yang diberikan terkait batasan waktu pengguna bisa menghapus pesan yang terlanjur terkirim.