Kamis, 17 Mei 2018 09:06 WIB

Kena Cekal AS, ZTE Digoda Samsung Pakai Exynos

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ponsel ZTE Axon. Foto: Reuters Ponsel ZTE Axon. Foto: Reuters
Jakarta - Malangnya nasib ZTE yang diblok oleh AS dimanfaatkan oleh Samsung untuk 'menghasutnya' agar menggunakan chip Exynos sebagai pengganti Snapdragon milik Qualcomm.

Samsung tengah melakukan pembicaraan dengan sejumlah produsen smartphone untuk memasok chip buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut. Usaha ini dilakukan untuk bersaing dengan salah satu rival terbesarnya, yaitu Qualcomm.

Dari sejumlah vendor smartphone tersebut, terselip nama ZTE di antaranya. Perusahaan asal China tersebut memang tengah dipusingkan dengan larangan selama tujuh tahun untuk menggunakan peralatan teknologi yang berasal dari korporasi asal Amerika Serikat.



Qualcomm, sebagai produsen dari chip Snapdragon yang digunakan oleh ZTE, otomatis tidak diperbolehkan untuk mengekspor produknya tersebut karena mereka berasal dari AS. Hal ini memunculkan kegentingan bagi ZTE dalam mencari penyuplai baru untuk keperluan chip bagi smartphone buatannya.

Sampai saat ini, Samsung mengaku belum ada kesepakatan yang terjalin antara pihaknya dengan ZTE maupun vendor smartphone lain. Meski begitu, Inyup Kang, Presiden System LSI, menargetkan pada paruh pertama 2019 mendatang, pihaknya bisa mengumumkan pengguna Exynos yang baru.

Kini, chip Exynos masih hanya digunakan oleh Meizu, selain oleh Samsung sendiri tentunya. Hal tersebut membuat Samsung masih tertinggal dengan nama-nama seperti Qualcomm dan Apple dalam urusan chip prosesor untuk perangkat mobile, sebagaimana detikINET kutip dari Reuters, Rabu (16/5/2018).



Meski begitu, firma analisis Counterpoint menilai penggunaan Exynos untuk ponsel flagship buatan Samsung dapat membantu chip tersebut tumbuh pesat. Firma tersebut menambahkan, System LSI, unit bisnis Samsung yang ditujukan untuk pengembangan chip, mencatatkan pertumbuhan 27% dalam pengapalan sepanjang tahun lalu.

Selain mengincar para vendor smartphone, Kang mengatakan pihaknya juga menyasar penerapan Exynos untuk teknologi 5G dan otomotif. Ia mengaku bahwa Samsung sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah perusahaan otomotis dengan fokus pada pengembangan chip untuk mobil otonom. Untuk sektor ini, Samsung sudah bekerja sama dengan Audi. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed