Senin, 09 Apr 2018 08:20 WIB

Alibaba Siap Kucurkan Dana Rp 82 Triliun untuk Grab?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Alibaba dikabarkan akan mengucurkan dana segar bagi Grab untuk pengembangan pasar. Jumlahnya tidak tanggung-tangung mencapai USD 6 miliar atau sekitar Rp 82,6 triliun.

Dikutip dari laman Business Insider, Senin (9/4/2018) berdasarkan sumber yang tak ingin disebutkan namanya itu, mengatakan kalau Alibaba menyatakan akan berinvestasi tahap awal di Grab. Pembicaraan kedua belah pihak telah terjalin sejak pertengahan tahun lalu.



Sayangnya, saat itu tidak ada keputusan investasi yang dilakukan. Pasalnya Alibaba lebih fokus kepada startup e-commerce di Indonesia, Tokopedia.

Di perusahaan tersebut, Alibaba mengocek uang sebesar USD 1 miliar atau Rp 14 triliun, di mana di waktu yang bersamaan sebelumnya, Tokopedia juga dimata-matai oleh rival beratnya Alibaba yang tak lain adalah Tencent.

Setelah itu, Alibaba yang merupakan perusahaan raksasa asal China mulai mengalihkan fokus ke pekerjaan rumah lama yang belum terselesaikan, menginvestasi Grab. Sampai saat ini, dari rumor itu tak diketahui pasti kapan pedanaan tersebut terealisasi.



Selain itu, Softbank juga diisukan turut terlibat dalam pedanaan baru untuk Grab tersebut. Namun, ketika dikonfirmasi perihal kabar ini, baik Softbank maupun Alibaba, tidak dapat memberikan konfirmasi terkait rumor di pasar. (agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed