Senin, 19 Mar 2018 16:56 WIB

Sudah Guyur Rp 55 Triliun, Alibaba Cengkeram Lazada

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi Alibaba. Foto: Getty Images Ilustrasi Alibaba. Foto: Getty Images
Jakarta - Alibaba memperkuat perpanjangan tangannya di kawasan Asia Tenggara setelah kembali menyuntik dana ke Lazada yang jumlahnya dua kali lipat dari total investasi sebelumnya.

Raksasa perusahaan teknologi asal China, Alibaba, menyatakan bahwa mereka akan menambah investasi mereka ke Lazada sebanyak USD 2 miliar (Rp 27,5 triliun). Hal tersebut dilakukan sebagai usaha mereka untuk memperkuat ekspansinya ke kawasan Asia Tenggara.

Dengan tambahan investasi tersebut, kini Alibaba sudah menggelontorkan tak kurang dari USD 4 miliar (Rp 55 triliun) ke Lazada. Sebelumnya, pada 2016, Alibaba berhasil mengambil alih Lazada dengan investasi awal sebanyak USD 1 miliar.



Lalu, pada 2017, perusahaan besutan Jack Ma ini juga menyuntik dana sebesar USD 1 miliar. Hal tersebut dilakukan untuk menambah kepemilikan saham di Lazada dari yang sebelumnya 51% menjadi 83%, sebagaimana detikINET kutip dari CNBC, Senin (19/3/2018).

Selain mengumumkan suntikan dana teranyar, pihak Alibaba juga menyebutkan bahwa e-commerce yang beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Singapura ini akan memiliki CEO baru. Nama Lucy Peng dipilih Alibaba untuk menggantikan Maximilian Bittner di posisi tersebut.



Lucy, yang merupakan co-founder Alibaba, saat ini menjabat sebagai chairmowan di Lazada. Sedangkan Maximilian, yang sudah menduduki jabatan sebagai CEO Lazada sejak 2012 lalu, akan mengisi peran sebagai penasihat senior di Alibaba. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed