Jumat, 19 Jan 2018 18:37 WIB

Telkom Group Garap Sistem Pembayaran Dana Pensiun Taspen

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Telkomsigma, anak usaha Telkom, dipercaya oleh PT Taspen untuk mengembangkan teknologi pembayaran dana pensiun agar lebih mudah diakses namun tetap aman.

Pemanfaatan teknologi tersebut meliputi pengembangan sistem New e-Dapem dan penerapan Tapen Smart Card secara nasional di mitra bayar dengan menggunakan otentikasi online berbasis data biometrik, yaitu sidik jari, perekaman wajah, dan perekaman suara.

Menurut Telkomsigma, pemanfaatan teknologi pada layanan pembayaran pensiunan ini dapat dilakukan lewat aplikasi mobile, di mana itu bisa diinstal di smartphone penerima pensiun atau mitra bayar sehingga mempermudah proses otentikasi agar lebih cepat dan akurat.

"Untuk otentikasi biometrik ini bila dua otentikasi sudah cocok, maka sudah terverfikasi," ujar Direktur Utama Telkomsigma Judi Acmadi di Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/1/2018).

Sementara itu, Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro menuturkan bahwa selama ini untuk pengambilan uang pensiun sering terjadi fraud, seperti penyalahgunaan surat kuasa yang di mana orang yang mendat tersebut tetap mengambil uang pensiun meski orang yang berhak mendapat pensiun sudah meninggal.

Dengan digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun, diharapkan Iqbal, tidak ada lagi fraud yang sering terjadi sebelumnya. Di samping itu, Taspen Smartcard ini berfungsi ganda bagi pensiunan.

"Kami pun memberikan nilai tambah melalui Taspen Smartcard yang berfungsi tidak hanya kartu identitas saja, namun juga kartu ATM dan debit," ungkap Iqbal. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed