Selasa, 31 Okt 2017 10:45 WIB

Nikon Tutup Pabrik Kamera di China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Nikon memastikan akan menutup pabrik kameranya di provinsi Jiangsu, China. Kenapa?

Pabrik ini berada di bawah anak perusahaan Nikon di China yang dibentuk pada 2002. Di pabrik ini, Nikon mempekerjakan 2.285 pekerja untuk memproduksi kamera digital dan lensa DSLR.

Keputusan Nikon untuk menutup pabrik ini muncul setelah pasar kamera saku yang terus merosot karena tergerus pertumbuhan bisnis smartphone, demikian dikutip detikINET dari Petapixel, Selasa (31/10/2017).

"Beberapa tahun terakhir karena pertumbuhan smartphone, pasar kamera saku digital menyusut dengan cepat, yang menyebabkan penurunan drastis dalam operasional Nikon China yang menciptakan lingkungan bisnis yang buruk," tulis Nikon dalam pernyataannya.

Namun ini tak berarti Nikon benar-benar berhenti memproduksi kamera, karena mereka masih mempunyai sejumlah pabrik di negara lain, yaitu di Jepang dan Thailand. Meski Nikon tak menyebutkan apakah pabrik-pabrik tersebut nantinya akan bernasib sama seperti pabriknya yang di China.

Namun yang jelas saat ini Nikon menyatakan mereka akan berfokus pada lini produk kelas atas. Contohnya adalah DSLR, dan mungkin kamera mirrorless bersensor full frame yang kabarnya tengah digarap oleh perusahaan asal Jepang itu. (asj/afr)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed