Jumat, 25 Agu 2017 09:07 WIB

Blibli Dukung Pajak Bisnis Online, Asal..

Yudhianto - detikInet
Blibli. Foto: Rachman Haryanto Blibli. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Sebagai salah satu pelaku bisnis e-commerce, Blibli mendukung wacana mengenai pajak yang akan dikenakan terhadap bisnis online. Namun bukannya tanpa syarat.

Blibli sendiri dijelaskan oleh Lani Rahayu, Marcomm Blibli, sebagai perusahaan yang tertib pajak. Namun pajak yang akan dikenakan khusus kepada bisnis online harus jelas peruntukkannya. Terutama dalam artian demi membangun bisnis e-commerce di Indonesia.

"Kami tertib pajak. Tapi (pajak bisnis online –red) kami akan melihat peruntukkannya ke mana. Misalnya untuk membangun bisnis e-commerce Indonesia. Teman kami di asosiasi juga sedang mempelajarinya," jelas Lani, di Hong Kong Café, Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Tapi kalau pun pajak bisnis online benar-benar direalisasikan, Lani yakin tidak akan memberikan pengaruh besar bagi pengguna layanan e-commerce selaku konsumen. Pasalnya pajak tersebut belum tentu juga akan langsung mempengaruhi harga-harga produk yang dijual secara online.

Apalagi banyak konsumen yang memilih online lantaran faktor harga yang bersahabat. Sehingga ini akan jadi pertimbangan sendiri bagi pebisnis online.

Blibli Dukung Pajak Bisnis Online, Asal..Lani Rahayu, Marcomm Blibli. Foto: yudhianto/detikinet

Misalkan ada harga yang naik, asalkan selama ini pelayanan yang diberikan pebisnis online terbilang memuaskan, Lani yakin konsumen tidak akan langsung berpaling. Karena ketika konsumen sudah merasa nyaman, mereka disebut tak akan terlalu mempermasalahkan penyesuaian harga.

"Harga naik (karena pajak bisnis online)? Belum tentu, karena cukup banyak konsumen yang sensitif terhadap harga. Tapi juga ada yang karena sudah merasa nyaman, mereka tak terlalu mempermasalahkan penyesuaian harga," pungkas Lani.

(yud/yud)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed