BERITA TERBARU
Senin, 03 Jul 2017 08:09 WIB

Nike Resmi Jualan Online di Amazon dan Instagram

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Tingginya transaksi penjualan produk retail di internet akhirnya membuat brand raksasa seperti Nike kepincut untuk terjun langsung memasarkan produknya di Amazon dan Instagram.

Keputusan itu disampaikan oleh CEO Nike, Mark Parker, ketika membahas strategi perusahaan triwulan dalam pertemuan investor melalui conference call, seperti detikINET kutip Fortune, Senin (3/7/2017).

Dipaparkan olehnya, Nike akan mulai menjual produknya langsung di Amazon. Kemitraan ini memang baru masuk tahap awal, dan hanya melibatkan sejumlah produk terbatas, setidaknya untuk saat ini.

"Kami tengah mencari cara baru untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan supaya lebih baik lagi. Salah satunya dengan cara hadir langsung di hadapan pelanggan," kata Mark Parker.

Meskipun Nike saat ini merupakan salah satu brand paling laris di Amazon, namun produk aparalel olahraga ini dipasarkan melalui pihak ketiga. Nah, penjualan melalui pihak ketiga inilah yang kemudian membuat para brand kesulitan mengontrol harga dan distribusi.

Kedua faktor harga dan distribusi itu pula yang membuat banyak barang tiruan Nike akhirnya bisa masuk dan mencuri kesempatan untuk menggerogoti kue penjualan. Di sisi lain, kebijakan Nike untuk terjun langsung di e-commerce bisa membuat penjualan di toko ritel tradisional jadi semakin menurun.

Nike Resmi Jualan Online di Amazon dan InstagramFoto: Bella Hadid Pakai Sneakers Nike Cortez. Dok: Instagram/Bella Hadid


Walau demikian, keputusan telah dibuat. Kebijakan untuk terjun langsung jualan lewat online malah diproyeksi oleh Lindsay Drucker Mann, analis dari Goldman Sachs, bisa membuat pendapatan Nike melonjak dari USD 300 juta menjadi USD 500 juta.

Nike pun makin semangat. Seperti dilaporkan Bloomberg, Nike selain menggandeng e-commerce raksasa Amazon juga mengumumkan keputusannya untuk langsung menjual produknya melalui media sosial Instagram milik Facebook.

Sejak kemarin, Nike masuk trending topic global di Twitter. Selain keputusannya terjun langsung ke pasar retail e-commerce, Nike juga meresmikan kemitraannya dengan dua klub sepakbola asal Inggris, Chelsea dan Tottenham Hotspurs. (rou/afr)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed