Jumat, 25 Nov 2016 13:10 WIB

Bisnis PC Samsung Dilego ke Lenovo?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Samsung Foto: Samsung
Jakarta - Restrukturisasi bisnis Samsung yang dimulai sejak beberapa bulan yang lalu sepertinya belum berakhir, setelah mereka dikabarkan berniat menjual bisnis PC-nya.

Sebelumnya, Samsung sudah menjual bisnis printernya ke Hewlett Packard (HP) senilai USD 1 miliar, yang menunjukkan niat Samsung untuk mempunyai bisnis yang lebih ramping, demikian dikutip detikINET dari Sam Mobile, Jumat (25/11/2016).

Kini, sebuah laporan menyebut raksasa asal Korea Selatan itu berniat menjual bisnis PC-nya, dan pihak yang tertarik untuk mengakuisisi bisnis tersebut adalah raksasa asal China, yaitu Lenovo, dengan nilai transaksi diprediksi mencapai USD 850 juta atau sekitar Rp 11,5 triliun.

Keduanya dikabarkan berdiskusi untuk membicarakan akuisisi tersebut. Pihak Samsung kabarnya diwakili oleh kantor hukum Paul Hastings, dan Lenovo diwakili oleh Freshfields Bruckhaus Deringer.

Meski nilai bisnis PC Samsung sulit diprediksi karena Samsung tak pernah mengungkap nilainya, bisnis tersebut diperkirakan bernilai USD 850 juta. Lenovo, yang saat ini adalah produsen PC terbesar di dunia -- dalam hal pengapalan produk -- sepertinya memang perusahaan yang tepat untuk melakukan akuisisi tersebut. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com