Minggu, 16 Des 2012 15:55 WIB

Bisnis e-Commerce Masih Muda dan Seksi

- detikInet
Tokobagus saat menerima award Tokobagus saat menerima award
Jakarta - Bisnis e-commerce tumbuh cukup pesat dalam setahun terakhir di Indonesia. Karena pasarnya masih muda dan seksi, peluang bisnis jual-beli online ini masih sangat menggiurkan di tahun 2013 mendatang.

Hal itu diakui Michal Klar, Managing Director Tokobagus.com. Menurutnya pasar e-commerce berpeluang tumbuh lebih pesat lagi seiring kian meratanya penetrasi akses internet di Indonesia, khususnya lewat mobile.

"Pasar e-commerce masih sangat muda, jadi kami mengharapkan pertumbuhan dinamis Tokobagus.com di tahun 2013 seiring dengan semakin banyaknya orang Indonesia yang mengetahui betapa bergunanya jual-beli online," ujarnya kepada detikINET, Minggu (16/12/2012).

Seperti diketahui, pengguna internet di Indonesia di akhir 2012 ini diperkirakan mencapai 63 juta atau sekitar 24,23% dari jumlah populasi penduduk Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) memproyeksi jumlah pengguna akan bertambah 30% menjadi 82 juta di akhir 2013 mendatang.

Namun jika melihat pertumbuhan pengguna internet dari mobile seluler, angka ini sebenarnya bisa lebih besar lagi. Sebab, dari data yang dirilis oleh para operator telekomunikasi, jumlah pengguna data telah tumbuh sangat pesat.

Tercatat pada pertengahan 2012, pelanggan data Telkomsel 40 juta (kini 54 juta), Indosat 31,2 juta, XL Axiata 27,9 juta, Axis Telekom Indonesia 4,25 juta, dan Hutchison CP Telecom 4 juta. Belum lagi dari Smartfren, Telkom Flexi, dan Bakrie Telecom.

Nah, pesatnya pertumbuhan pengguna internet ini yang diyakini akan membuat pasar e-commerce yang masih muda itu jadi kian seksi. Dengan kemudahan untuk bertransaksi secara online, bisnis e-commerce ini diyakini kian booming.

Peluang besar ini tentunya tak ingin dilewatkan oleh Tokobagus yang dalam beberapa tahun terakhir sangat gencar mengedukasi pasar untuk terjun ke bisnis e-commerce. Tujuannya, tentu demi mempertahankan positioning sekaligus memperbesar pangsa pasarnya.

"Kami ingin tetap mempertahankan posisi kami yang sudah cukup bagus di tahun 2012. Kami berkembang secara signifikan dan mempertahankan posisi sebagai marketplace online nomor satu di Indonesia," kata Michal.

Kiprah Tokobagus sendiri sudah seringkali mendapatkan pengakuan dari para pemerhati bisnis online. Belum lama ini, Tokobagus meraih penghargaan The Best Great Perfoming Website dalam ajang Digital Marketing Award 2012.

"Seleksinya terbilang ketat karena melibatkan ratusan orang-orang terpilih yang merupakan heavy user dan memiliki kapabilitas dalam menilai kerja website, jadi senang sekali mengetahui situs kami mendapatkan penilaian serta pujian yang baik dari mereka," kata Ichwan Sitorus, PR Manager Tokobagus.com

Ichwan menjelaskan bahwa sejak awal berdirinya Tokobagus.com, komitmen awal yang dibangun tetap dijaga yaitu memberikan layanan platform e-commerce yang bermanfaat, menguntungkan, serta mudah dan nyaman.

"Prinsipnya jelas, kami ingin selalu memberikan kemudahan bagi member dan user kami agar senantiasa nyaman dan user friendly saat berjualan di Tokobagus.com, sehingga tiap tampilan, fitur ataupun program yang kita gelar acuannya buat menyenangkan user," pungkasnya.

Tokobagus yang didirikan 2005 lalu di Bali oleh Arnold Sebastian dan Remco Lupker telah menjelma menjadi salah satu platform e-commerce besar dengan lebih dari 3 juta anggota yang terdaftar dan lebih dari 1,4 juta macam barang yang dijual.

Setiap harinya, kata Ichwan, situs Tokobagus dikunjungi jutaan pengunjung dengan menggunakan desktop dan perangkat mobile. Tokobagus juga dapat diakses melalui web dan juga aplikasi BlackBerry dan Android.



(rou/rou)