Google Tawar Groupon USD 6 Miliar

Google Tawar Groupon USD 6 Miliar

- detikInet
Selasa, 30 Nov 2010 17:24 WIB
Jakarta - Raksasa internet Google tengah intens membidik layanan internet bernama Groupon. Kabarnya, Google telah menawar situs yang tengah naik daun ini senilai USD 6 miliar.

Rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Google akan mengakuisisi Groupon senilai USD 2,5 miliar. Groupon tampaknya memang telah berhasil memikat perusahaan besar. Sebelum ditawar oleh Google, Yahoo sebenarnya telah lebih dulu meliriknya awal tahun ini, namun gagal mencapai kesepakatan.

Sebenarnya, apa daya tarik Groupon? Tidak main-main, Groupon adalah pelopor model group-buying melalui model bisnis deal-of-the-day yang dikelolanya. Perusahaan yang diluncurkan November 2008 ini mengirimkan email harian sekitar 200 transaksi deal barang dan jasa. 

Deal akan diaktifkan hanya jika sejumlah minimal orang setuju untuk melakukan pembelian dan memberikan kuasa kepada Groupon untuk menegosiasikan diskon suatu grup atau kelompok atas suatu barang atau jasa. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari New York Times, Selasa (30/11/2010). 

Meski baru dua tahun diluncurkan, Groupon telah menjelma menjadi perusahaan multi miliar dolar dengan banyak pegawai yang tersebar di seluruh dunia. Groupon juga tercatat mengumpulkan pendapatan USD 50 juta setiap bulan dan taksiran value perusahaannya bernilai lebih dari USD 1 miliar.

Tambahan lain, sebagai perusahaan yang masuk dalam jajaran The Digital 100 - The Wolrd's Most Valuable Startups 2010 versi Business Insider, tentunya membuat Groupon layak mendapat perhatian raksasa internet dunia sekaliber Google.
(rns/ash)