Tips Jitu Bikin Video Online ala Dennis 'Mamet'

Ngopi bareng detikINET

Tips Jitu Bikin Video Online ala Dennis 'Mamet'

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Kamis, 25 Feb 2016 21:23 WIB
Dennis Adhiswara (asj/inet)
Jakarta -

Mempromosikan sesuatu melalui video online semakin marak. Dennis Adhiswara, CEO Layaria.com punya tips membuat video promosi online yang menarik. Seperti apa?

Tak dipungkiri, video menjadi salah satu medium iklan yang paling ampuh ketimbang teks atupun gambar. Dengan video biasanya orang lebih mudah mengerti dan pesan pun lebih cepat disampaikan.

Pun demikian, ketika berbicara mengenai iklan, perlu diperhatikan tata cara membuat sebuah video agar menarik. Sering kali para pengiklan itu kerap mengalami ketakutan akan logo atau brand-nya tidak muncul dalam video.

"Jangan takut kalau logo atau brand tidak muncul. Kalau keseringan muncul, yang ada malah video kita kehilangan passion-nya. Alhasil tak beda jauh dengan brosur, hanya saja berbentuk video," ujar Dennis ketika memberikan tips di acara Ngopi detikINET bersama IM3 Ooredoo di Brewerkz, Senayan City, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Menurut Dennis, hal tepat yang bisa dilakukan adalah membuat sebuah video dimana penonton aware dengan brand, tapi jangan sampai ngeh kalau itu iklan. "Bikin penonton seolah sedang menyaksikan sebuah film atau cerita, bukan iklan. Taruh brand tidak masalah, asal itu tadi jangan bikin penonton sadar bahwa ini sebuah iklan," tambah Dennis.

Karenanya konten menarik menjadi kunci utama kesuksesan sebuah video. Menurut Dennis yang terkenal memerankan karakter Mamet di AADC ini, dua faktor yang membuat konten video kreatif menarik. Yang pertama adalah relevansi.

"Setiap kali orang menyebarkan sebuah video atau nonton video untuk dirinya sendiri bukan tentu untuk memuji si pembuat video. Tapi karena ia menganggap bahwa video itu 'gue banget!'," ujar Dennis.

Terakhir adalah pencapaian. Tentu tujuan membuat video adalah apakah videonya bisa disampaikan dengan baik atu tidak. "Video gue dikomentar orang atau enggak ya? Disebarkan oleh orang atau enggak ya? Hal-hal seperti itu juga perlu diperhatikan oleh kita sebagai pembuat video," pungkas Dennis.

 

Ngopi bareng detikINET kali ini bekerjasama dengan IM3 Ooredoo.

 

(mag/yud)