Modal Paling Mahal di Dunia Digital: Ide!

Ngopi Bareng detikINET

Modal Paling Mahal di Dunia Digital: Ide!

- detikInet
Sabtu, 25 Apr 2015 15:28 WIB
Aris Sudewo (detikINET)
Banyuwangi -

Industri digital membuka lebar-lebar kesempatan bagi yang bisa memanfaatkannya. Ingat, modal paling berharga di ranah ini bukan melulu soal uang, melainkan ide cemerlang.

Menurut Aris Sudewo, GM Digital Lifestyle Marketing Telkomsel, industri internet itu justru diciptakan oleh orang-orang yang tak punya modal. Contoh yang diambil pun tak jauh-jauh ke negeri barat.

"Aplikasi Go-Jek contoh nyatanya yang hadir untuk mengatasi sistem kemacetan di Jakarta. Gak perlu tawar-menawar dan memperbaiki sistem pengojekan tadi, dan si developer ini gak punya satu motor pun, jadi diambil dari tukang ojek eksisting di setiap pengkolan," paparnya dalam Ngopi bareng detikINET dengan tema 'Digital Kreatif' di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Sabtu (25/4/2015).

Nah, ketika peluang itu diterima pasar, selanjutnya adalah tinggal dikemas dengan lebih rapi. Seperti dikasih jaket dan helm sebagai penanda dan tentunya diregistrasi.

"Jadi banyak di digital bermodal ide yang bisa ditanggap oleh orang-orang untuk memecahkan masalah," tegas Aris.

Salah satu karya Telkomsel di dunia digital adalah dengan menciptakan Langit Musik sebagai media untuk men-download lagu legal. "Jadi bukan yang ilegal lho, ini karya anak bangsa yang menggandeng artis indonesia. Dan Telkomsel gak punya satu artis pun di sini," jelasnya.

(ash/rns)