Tak Perlu Alat Canggih untuk Bikin Video Menarik

Ngopi Bareng detikINET

Tak Perlu Alat Canggih untuk Bikin Video Menarik

- detikInet
Rabu, 11 Mar 2015 09:44 WIB
Suasana Ngopi Bareng detikINET (rou/detikINET)
Jakarta -

Banyak hal yang bisa menghambat kreativitas seseorang dalam memproduksi konten video untuk diunggah ke dunia maya. Namun alat produksi seharusnya bukan hambatan dalam membuat konten video yang menarik.

Aspek yang harus diperhatikan dalam membuat video seharusnya adalah jenis konten yang ingin disajikan. Konten tersebut haruslah unik, sehingga bisa menarik para netizen untuk menonton video tersebut.

Adalah Raditya Dika yang menegaskan hal tersebut. Dika --panggilan akrabnya-- adalah salah satu kreator video yang terkenal di YouTube dengan web series yang berjudul `Malam Minggu Miko'.

Menurut Dika, meskipun dengan alat seadanya, Ia bisa membuat konten video yang bisa menarik banyak viewer, karena konten yang dibuatnya bisa menarik perhatian para netizen.

"Jangan buru-buru nyalahin alat. Video tutorial memasak air itu gue bikin pakai satu kamera dengan satu lampu, ngedit sendiri juga," ujar Dika saat berbicara dalam acara Ngopi Bareng detikINET di Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta, Selasa (10/3/2015) malam.

Video yang dimaksud Dika lengkapnya berjudul 'Diary Komedian - Tutorial Masak Air'. Dalam video berdurasi sekitar 3 menit itu Ia menerangkan sesuatu yang sangat sepele, namun bisa menarik hampir 200 ribu viewer.

Hal senada juga diutarakan oleh Eka Gustiwana, yang mengaku bahwa ia menggunakan software sederhana dalam proses produksi.

"Misalnya untuk mengedit video, saya cuma pakai iMovie, dan prosesnya tak terlalu rumit. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk memikirkan konten," kata Eka dalam acara yang sama.

(asj/rou)