Jumat, 17 Mar 2017 18:16 WIB

Telkomsel Santai Tanggapi iPhone 7 Eksklusif dengan Smartfren

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
(Foto: detikINET/Adi Fida Rahman) (Foto: detikINET/Adi Fida Rahman)
Kalianda, Lampung Selatan - Operator telekomunikasi Smartfren mengklaim sebagai satu-satunya mitra Apple dalam memasarkan iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia. Sebagai operator yang biasanya menjadi yang pertama memboyong iPhone ke Indonesia, Telkomsel menanggapinya dengan santai.

Ditemui usai peresmian jaringan 4G di 154 Ibu Kota Kabupaten (IKK) di Sumatera, Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengaku belum tahu soal kabar tersebut. Namun, ia optimistis jika pihaknya juga bisa menjual iPhone 7 dan 7 Plus di kemudian hari.

"Terus terang saya belum mendengar kabar itu secara detail. Tapi Telkomsel selalu bekerjasama dengan beberapa pabrikan termasuk Apple. Saya tidak tahu persis bagaimana detailnya apakah benar eksklusif atau tidak. Tapi biasanya Apple tidak mau hanya eksklusif dengan satu operator," terang Ririek ditemui di Kalianda, Lampung Selatan, Jumat (17/3/2017).

Telkomsel Santai Tanggapi iPhone 7 Eksklusif dengan Smartfren  Ririek Adriansyah (Foto: Ardhi Suryadhi/detikINET)


Sementara itu, Sukardi Silalahi selaku Direktur Network Telkomsel mengatakan bahwa pihaknya sudah menguji iPhone 7 di jaringan Telkomsel. Dari pengujian ditemukan fakta bahwa iPhone 7 belum siap berjalan di spektrum 4x4 MIMO.


"iPhone 7 masih menggunakan spektrum yang ada di Amerika Serikat lah kalau tidak salah. Tapi untuk 4x4 MIMO masih belum ready," tutur Sukardi.

Seperti diketahui, sejumlah operator telekomunikasi termasuk Telkomsel sendiri belakangan tengah gencar menjajal teknologi 4G terbaru yang disebut sebagai 4,5G.

Dalam penerapannya, Telkomsel menggunakan teknologi 4x4 Multi Input Multi Output (MIMO). Pengujiannya pun sudah beberapa kali dilakukan, misalnya seperti pada uji coba di Grapari Pondok Indah Mall, bersama Huawei akhir tahun 2016 lalu. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed