http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 
http://inet.detik.com/image/bisakomputer.png

Tips & Trik Photoshop

Cara Mudah Bikin Efek Refleksi Kaca di Foto

Bisa Komputer - detikinet
Jumat, 08/03/2013 14:53 WIB
Halaman 1 dari 3
http://us.images.detik.com/content/2013/03/08/510/refleksikaca.jpg Ilustrasi (Bisa Komputer)
Jakarta -
Setelah mengetahui teknik menciptakan refleksi atau bayangan yang terpantul pada permukaan air pada artikel sebelumnya. Kini kita akan coba menjajal teknik menciptakan refleksi pada bidang berbahan gelas atau kaca (glass).

Teknik ini cukup membantu bagi para fotografer yang ingin mendapatkan hasil foto yang lebih realistis ketika bayangan objeknya terpantul pada permukaan berbahan gelas/kaca (atau bahan apapun yang dapat merefleksikan objek).
Berikut tahapan-tahapannya:
Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Perhatikan Layer tab, klik kanan pada layer Background (yang ada icon gembok-nya), lalu klik Layer from Background.
Ubah nama "Layer 0" menjadi "Reflection" ketika dialog box muncul dan klik OK.
Sekarang layer Background menjadi layer bebas (tidak terkunci).
Duplikat layer "Reflection" dengan klik kanan layer tersebut di Layer tab lalu klik Duplicate Layer.
Setelah layer baru terbentuk, double-click bagian nama layer tersebut untuk mengubah namanya dan ketikkan "Object". Tahap pengubahan nama ini hanya untuk memudahkan, tidak diharuskan menggunakan nama yang sama.

Mengubah Nama

Pastikan layer "Reflection" terpilih (di-highlight abu-abu tua), klik Edit > Transform > Flip Vertical. Layer ini akan dibalik berlawanan dengan layer "Object".

Hasilnya memang tidak kelihatan karena posisi layer "Reflection" berada di bawah layer "Object", tapi perubahannya bisa dilihat di Layer tab seperti pada gambar contoh di bawah ini.

Layer

Sekarang buat area untuk refleksi atau bayangannya. Klik Image > Canvas Size dan dialog box akan muncul (lihat pada gambar). Perhatikan kolom-kolom di bawah New Size, ubah satuan ukuran menjadi "percent" dan ketikkan 30 pada kolom height kemudian klik OK.

Angka "30" tidak mutlak, silakan isi kolom height sesuai area yang dibutuhkan untuk posisi refleksi. Kemudian perhatikan kotak-kotak bertanda panah di bawahnya, klik tanda panah "" (hasilnya akan tampak seperti pada gambar) sehingga area baru hanya akan terbentuk tepat di bawah gambar asli saja.

Area Refleksi

Ketika area kosong sudah siap, geser layer "Reflection" ke bawah; klik Move Tool, tekan Shift dan klik tanda panah "" di keyboard hingga tepian terdalam kedua gambar saling bertemu. Sekarang klik icon Layer Mask pada Layer tab, lalu klik kanan Paint Bucket Tool > Gradient Tool.

GradientNext

Halaman 1 2 3
(jsn/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Tifatul Sembiring Sukses Kawal Kominfo?

Tifatul Sembiring resmi mundur dari kursi menteri komunikasi dan Informatika (menkominfo). Nah, setelah lima tahun menjabat, apakah Tifatul terbilang sukses mengemban amanah, mengawal dan memajukan TIK Indonesia?
Pro
61%
Kontra
39%


Must Read close