http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Facebook Bikin Aplikasi Pelacak Lokasi

Rachmatunisa - detikinet
Selasa, 05/02/2013 09:54 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/02/05/398/facebookglasseswireddlm.jpg Ilustrasi (wired)
San Francisco - Keseriusan Facebook menggarap ranah mobile terlihat dari sejumlah aplikasi baru yang dikembangkannya. Baru-baru ini, raksasa jejaring sosial itu mengembangkan aplikasi smartphone yang bisa melacak lokasi pengguna.

Berdasarkan sumber internal Facebook yang menolak disebut namanya, aplikasi ini dijadwalkan rilis pada pertengahan Maret. Adapun fungsinya, untuk membantu pengguna menemukan teman yang lokasinya terdekat dengan mereka.

"Aplikasi ini nantinya akan berjalan bahkan ketika program tidak dibuka di handset," ujar sumber tersebut seperti dikutip detikINET dari Bloomberg, Selasa (5/2/2013).

Seperti diketahui, Facebook kini semakin rajin menambahkan fitur di Facebook mobile. Ini dilakukannya untuk mendongkrak keuntungan dari banyaknya pengguna Facebook yang mengakses situsnya dari perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Aplikasi pelacak lokasi ini sendiri akan membantu Facebook menjual iklan berdasarkan lokasi dan kebiasaan sehari-hari mereka.

Tapi Facebook harus pintar-pintar meyakinkan regulator bahwa aplikasinya ini aman. Karena berhubungan dengan privasi, kemungkinan besar akan ada kritikan terhadap aplikasinya.

Seperti diketahui, regulator di Amerika Serikat dan Eropa sebelumnya sudah 'menjewer' Facebook berkaitan dengan masalah privasi. Facebook dinilai tidak cukup pandai menyimpan data pengguna tetap private.

Facebook tak sendiri. Apple dan Google pun punya tool serupa yang bisa melacak keberadaan pengguna layanannya. Keduanya pun kerap berurusan dengan regulator.

Derick Mains, juru bicara Facebook yang dimintai konfirmasi mengenai laporan ini, menolak berkomentar.

(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Permen Situs Negatif, Menurut Anda?

Pro kontra Permen Kominfo no 19 Tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif terus mengemuka. Lantas bagaimana dengan Anda terkait kehadiran Permen yang mengatur tata cara pelaporan situs yang masuk daftar hitam sensor Trust+ Positif ini?
Pro
22%
Kontra
78%


Must Read close