http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Aplikasi Android Bajakan Nongol di BB App World

Susetyo Dwi Prihadi - detikinet
Rabu, 09/01/2013 12:27 WIB
http://us.images.detik.com/content/2013/01/09/398/bbbajakan.jpeg Aplikasi yang diduga bajakan yang ada di App World
Jakarta - Sudah bukan rahasia lagi bila ingin mendapatkan aplikasi berbayar maka pengguna smartphone biasanya mendownload dari situs tertentu yang menyediakan aplikasi bajakan. Tapi apa jadinya, aplikasi bajakan justru muncul di toko aplikasi resmi.

Itulah yang kini sedang terjadi. Sejumlah aplikasi bajakan Android nongol di BlackBerry App World yang ditujukan untuk handset berbasis OS BlackBerry 10 dan PlayBook. Kenapa bajakan? Karena diketahui, si pengembang belum pernah membuatnya atau memasukkan ke toko aplikasi tersebut.

Hal ini sendiri diketahui melalui tulisan salah satu developer yang mengaku mendapatkan email mengenai masalah kompabilitas yang dihadapi penggunanya. Setelah ditelusuri, ternyata itu aplikasi aspal alias asli tapi palsu.

"Saya mendapatkan dua email mengenai masalah kompabilitas. Mereka mengaku menggunakan Playbook, tetapi saya yakin mereka menjalankan perangkatnya dengan ROM Android. Saya tanya apakah mereka menggunakan akun Google untuk mendownloadnya, mereka jawab tidak karena hanya menggunakan BlackBerry ID," tulis developer tersebut, yang dilansir Cnet, Rabu (9/1/2013).

Melihat fakta tersebut, si developer sangat yakin bahwa aplikasinya itu telah dipindahkan secara ilegal ke BB App World.

"Mereka mendownload aplikasiku dari Google Play, mengkonversi APK (file Android-red) kemudian mempublikasikan ke BB App World. Faktanya, ada setengah lusin aplikasi bajakan seperti itu," tegasnya.

Menurut si developer, mengubah file Android ke Blackberry cukup mudah. Apalagi diketahui, OS BlackBerry memberi jalan agar aplikasi Android bisa difungsikan di perangkat OS BB.


(tyo/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Pro Kontra Index »

Rudiantara Cocok Jadi Menkominfo?

Dengan latar belakanganya sebagai seorang profesional di industri telekomunikasi, Rudiantara dianggap pas menempati kursi menkominfo. Lantas, bagaimana dengan Anda, apa berpendapat sama?
Pro
73%
Kontra
27%


Must Read close