http://us.images.detik.com/logo_tematik/logodetikinet.png
 
 

Android Jauh Tinggalkan Lawan-lawannya

Fino Yurio Kristo - detikinet
Jumat, 02/11/2012 11:18 WIB
http://us.images.detik.com/content/2012/11/02/317/1dlm.jpg
Jakarta - Sistem operasi Android makin dominan menguasai jagat smartphone. Data terbaru biro riset IDC menunjukkan, Android menguasai 75% pangsa pasar smartphone global pada kuartal 3 2012.

Menurut IDC, 136 juta unit smartphone Android dikapalkan dalam kuartal tersebut. Jumlah ini adalah peningkatan 91,5% dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

"Kombinasi dari vendor smartphone, operator mobile dan pengguna membuat pengapalan Android meninggi," tukas Ramon Llamas, analis IDC yang detikINET kutip dari PCMag, Jumat (2/11/2012).

Sistem operasi iOS milik Apple masih menempati posisi runner up dengan pangsa pasar 14,9%. Kedatagan iPhone 5 yang sepertinya laris manis diprediksi akan memperkuat posisi iOS di kuartal mendatang.

Sedangkan BlackBerry menempati tempat ketiga dengan pangsa pasar 4,3%, menurun dari tahun sebelumnya yang sebesar 9,5%. Berturut-turut kemudian Symbian dengan 2,3% diikuti Windows Phone dengan 2%.

Menurut IDC, Windows Phone punya potensi untuk menaikkan pangsa pasarnya di kuartal depan. Ini seiring kedatangan berbagai handset Windows Phone 8 di pasaran.
(fyk/rns)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!
Sponsored Link


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
Berita Terbaru Index »
Pro Kontra Index »

Nokia Android bakal Menggigit?

Nokia resmi memperkenalkan tiga seri Nokia X yang sudah mengusung sistem operasi Android. Mampukah tiga ponsel kelas menengah itu menggaet perhatian pasar?
Pro
55%
Kontra
45%


Must Read close