BERITA TERBARU
Sabtu, 27 Mei 2017 11:59 WIB

Hands-on Game

Magikarp Jump: Sepele, Tapi Menarik

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: screenshot detikINET Foto: screenshot detikINET
Jakarta - Franchise serial game dan animasi Pokemon terus mengalami perkembangan. Sejak generasi pertama yang rilis tahun 1995, total kini sudah ada sekitar 802 tipe Pokemon berbagai wujud dan kemampuan yang berbeda-beda, termasuk salah satunya karakter yang ikonik Pikachu.

Namun, di luar Pikachu sebenarnya ada satu Pokemon yang tak kalah unik dan menarik. Pokemon yang dimaksud adalah Magikarp. Disebut menarik karena secara tampilan, Pokemon berwujud ikan ini bisa bikin melongo dan geli siapa pun yang melihatnya.

Selain kocak dari segi tampilan, Magikarp pun sebenarnya adalah Pokemon terlemah. Ia tidak bisa diandalkan, baik ketika di air apalagi di atas permukaan tanah. Ketika dibawa ke permukaan tanah, Magikarp hanya bisa menggelepar seperti ikan kehabisan napas.

 Magikarp Jump: Sepele, Tapi MenarikFoto: screenshot detikINET


Meski menjadi Pokemon yang lemah, evolusi Magikarp justru sebaliknya. Evolusi bernama Gyarados bisa dibilang menjadi salah satu Pokemon yang kuat. Bentuknya pun tidak lagi jenaka, karena Gyarados digambarkan sebagai sosok mirip makhluk mitologi Naga.

Sama halnya dengan Pikachu, berbagai macam merchandise seperti boneka dan kaos bergambar Magikarp sudah dicetak di berbagai negara. Karena memiliki pamor yang cukup tinggi, Pokemon Company akhirnya memutuskan untuk menggarap game dengan tema Magikarp, yakni Magikarp Jump.

detikINET lantas penasaran dan menjajal bagaimana serunya bermain Magikarp Jump. Dan berikut sedikit impresi dari kami!

Menarik

Game ini, seperti tipikal game Pokemon pada umumnya bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Dari pantauan kami, game ini sudah tersedia di region Indonesia tidak lama setelah peluncuran global.

Dari segi grafis, tidak diragukan game-game buatan Pokemon Company selalu datang dengan kualitas grafis yang mumpuni untuk ukuran game mobie. Dan ini diterapkan dalam Magikarp Jump, di mana menggabungkan animasi dan efek 3D.

 Magikarp Jump: Sepele, Tapi MenarikFoto: screenshot detikINET


Sebagai permulaan, Anda akan menjumpai tutorial yang diterangkan oleh seorang profesor bernama Dr. Karp. Cara bermainnya sebenarnya cukup sederhana dan sepele.

Anda di sini berperan sebagai seorang trainer Magikarp. Sebagai trainer tentu Anda harus merawat Magikarp dan melatihnya agar bisa menjadi Magikarp yang handal. Loh? Handal?

Ya, karena Magikarp tidak punya kemampuan apa-apa selain menggelepar di tanah, maka yang bisa dilakukan hanyalah melompat. Dalam permainan terdapat kompetisi di mana Magikarp dituntut untuk melompat setinggi-tingginya. Semakin tinggi lompatan, maka Magikarp itu yang keluar sebagai pemenang.

Bak pertandingan Pokemon sesungguhnya, kompetisi dibuat berdasarkan liga dan bertarung satu lawan satu dengan musuh yang juga menggunakan Magikarp. Pokoknya di sini tokoh utama adalah Magikarp.

Untuk bisa membuat Magikarp menjadi pelompat ulung, maka Anda harus sigap dalam memberi makan Magikarp. Makanan yang disebar dalam kolam bisa meningkatkan Jump Point (JP) dan level Magikarp yang Anda miliki. Semakin besar tingkat JP yang dipunya, maka semakin besar punya kesempatan Magikarp yang Anda miliki untuk melompat lebih tinggi dari musuh.

 Magikarp Jump: Sepele, Tapi MenarikFoto: screenshot detikINET


Selain makanan, Anda juga bisa meningkatkan JP Magikarp dengan latihan. Biasanya, latihan ini akan muncul setelah hitungan beberapa menit.

Bosan melihat Magikarp? Tenang, bakal ada Pokemon lainnya yang akan menemani ikan malang ini dari pinggir kolam. Sejauh ini kami mendapatkan teman berupa Pikachu yang setia menemani Magikarp di atas permukaan air. Teman Pokemon ini ternyata tidak sekadar menjadi pajangan, tapi juga bisa membantu Magikarp untuk meningkatkan JP.

Pikachu sendiri didapat dari hasil reward. Tapi Anda juga bisa mendapatkan Pokemon lain seperti Charizard, Meow, dan lain-lain dengan menggunakan diamond yang tak lain menjadi sistem mikrotransaksi yang diusung dalam game.

Anda juga bisa meletakkan berbagai macam dekorasi di dalam kolam yang memiliki berbagai maacm fungsi, antara lain meningkatkan kapasitas maksimal makanan, koin dari event, poin experience untuk trainer, dan lain-lain.

 Magikarp Jump: Sepele, Tapi MenarikFoto: screenshot detikINET


Opini detikINET

Secara keseluruhan game Magikarp Jump ini mungkin terdengar sepele. Apa sih, bermain game Pokemon, tapi karakternya Magikarp yang notabene jadi Pokemon terlemah. Apa yang bisa dilakukan?

 Magikarp Jump: Sepele, Tapi MenarikFoto: screenshot detikINET


Mungkin pertanyaan-pertanyaan itu akan terlontar dari pikiran setiap gamer yang akan mengunduhnya. Namun, setelah menjajal beberapa kali, game ini cukup membuat kami ketagihan dan bisa dijadikan sebagai game mengisi waktu luang.

Selagi menunggu liga, Anda mungkin bisa iseng memberi makan Magikarp dengan hanya men-tap makanan yang tersebar di kolam. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed