Link dan Cara Pakai ChatGPT untuk Jawab Pertanyaan

Link dan Cara Pakai ChatGPT untuk Jawab Pertanyaan

ADVERTISEMENT

Link dan Cara Pakai ChatGPT untuk Jawab Pertanyaan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 17:05 WIB
ChatGPT adalah AI yang bisa digunakan untuk bercakap-cakap. Rasanya nyambung ketika chat dengan model AI ini. ChatGPT konon juga bisa bantu memperbaiki bug.
Link dan Cara Pakai ChatGPT untuk Jawab Pertanyaan Foto: ChatGPT
Jakarta -

ChatGPT belakangan ini sedang ramai dibicarakan di media sosial. Platform kecerdasan buatan (AI) ini menjadi primadona karena bisa diajak bercakap-cakap, mengerjakan tugas kuliah, menulis puisi, sampai memperbaiki bug di kode pemrograman.

ChatGPT sendiri merupakan platform mirip chatbot yang dikembangkan oleh OpenAI, startup yang didirikan oleh Elon Musk. OpenAI juga merupakan perusahaan di balik DALL-E, platform pencipta gambar yang juga ditenagai oleh kecerdasan buatan.

Chatbot ini menggunakan teknologi GPT 3.5 yang merupakan model kecerdasan buatan generasi terbaru ciptaan OpenAI. Model ini dilatih menggunakan data teks dalam jumlah besar dari berbagai sumber.

Dari data yang sudah dipelajari tersebut, ChatGPT bisa diajak bercakap-cakap dalam format dialog dan pengguna bisa menanyakan sesuatu atau memberikan instruksi untuk kemudian dijawab oleh chatbot tersebut.

"Format dialog yang digunakan memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan lanjutan, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, dan menolak permintaan yang tidak pantas," tulis OpenAI di website resminya, seperti dikutip dari Gizmodo, Jumat (9/12/2022).

ChatGPT dirilis secara publik pada 30 November lalu dan menurut CEO OpenAI Sam Altman saat ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna. Saat ini ChatGPT masih dalam tahap 'research preview' di mana pengguna bisa mengakses platform dengan gratis sementara OpenAI mengumpulkan informasi pengalaman pengguna.

Lantas bagaimana cara menggunakan ChatGPT? Meski teknologi di baliknya terbilang rumit, cara pakai ChatGPT sebenarnya mudah saja yaitu:

  • Pilih opsi 'Sign up' untuk membuat akun baru atau 'Log in' jika kalian sudah memiliki akun.
  • Masukkan alamat email dan nomor telepon di kolom yang sudah disediakan.
  • Setelah berhasil memverifikasi nomor telepon yang diberikan lewat kode konfirmasi, kalian bisa melanjutkan proses pembuatan akun.
  • Ada juga cara alternatif yaitu menggunakan akun Google atau Microsoft untuk membuat akun baru hanya dengan sekali klik.
  • Setelah memiliki akun OpenAI, kalian sudah bisa mengakses ChatGPT.
  • Ketik pesan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat kotak teks yang ada di bagian bawah, lalu klik tombol 'Send' di layar atau tekan tombol 'Enter' di keyboard.
  • Bot AI ini akan langsung memproses pertanyaan kalian dan akan menampilkannya di layar secara real time.

Tapi sebelum menggunakan ChatGPT ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bot ini masih memiliki banyak keterbatasan, termasuk database pengetahuannya yang terhenti di tahun 2021.

ChatGPT juga kadang memberikan jawaban yang tidak akurat, jadi jangan langsung percaya semua jawaban yang diberikan apalagi jika dipakai untuk membantu tugas kalian. Platform ini juga sering mengulang-ulang kalimat yang sama. Ya... namanya juga kecerdasan buatan.



Simak Video "Helm Ini Bantu Petugas Kebakaran Selamatkan Korban"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT