Wajib Dibiasakan! Langkah Simpel Ini Bisa Cegah Jejak di Internet

Wajib Dibiasakan! Langkah Simpel Ini Bisa Cegah Jejak di Internet

ADVERTISEMENT

Wajib Dibiasakan! Langkah Simpel Ini Bisa Cegah Jejak di Internet

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 01 Des 2022 20:45 WIB
google chrome
Kebiasaan yang bisa mencegah jejak di internet, dengan menghapus riwayat di browser. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET
Jakarta -

Tidak semua hal perlu dibagikan, termasuk soal jejak di internet. Ada baiknya untuk membiasakan diri menjaga privasi di dunia maya guna mencegah kebocoran data personal yang merugikan diri sendiri.

Karena itu, perlu dilakukan kebiasaan yang baik pula guna menjaga keamanan data. Cara simpel itu dengan memastikan kamu sudah menghapus semua history browsing atau riwayat pencarian di semua browser.

Kamu nanya? Dirangkum detikINET dari Pop Sci, Kamis (1/12/2022), kamu harus tahu dulu nih, detikers, apa saja yang disimpan dari sebuah browser. Ada begitu banyak data yang disimpan tapi yang paling utama adalah pencarian di browser. Browser juga melacak riwayat download, cookies (kode website yang digunakan untuk mengenali identitas kamu), hingga caches.

Nah, untuk menghapus data pencarian dari browser, kita bisa memulainya dari Google Chrome. Masuk ke Settings > Privacy & Security > Clear browsing data. Pilih 'Advanced' untuk penghapusan data yang lebih dalam seperti data password yang disimpan.

Untuk hapus data dari Mozilla Firefox, masuk ke Settings > Privacy & Security > Cookies & Site Data. Sedangkan untuk Safari, buka menu Safari dan lanjut dengan memilih Clear History. Kamu bisa menentukan rentang waktu data-data yang ingin dihapus misalnya seminggu terakhir hingga selamanya.

Tak ketinggalan, untuk menghapus data Microsoft Edge pilih Settings > Privacy, search and services > Clear browsing data > Choose what to clear > Clear now. Terakhir, untuk menghapus data di Opera, bisa langsung masuk ke Privacy & Security > Clear > Clear data.

Demikian kebiasaan yang diperlukan untuk mencegah tertinggalnya jejak di internet. Semoga membantu ya, detikers.



Simak Video "5 Browser untuk Menjelajah Deep Web"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT