Flowchart Adalah: Pengertian, Simbol, Jenis dan Contohnya

Flowchart Adalah: Pengertian, Simbol, Jenis dan Contohnya

ADVERTISEMENT

Flowchart Adalah: Pengertian, Simbol, Jenis dan Contohnya

Benedictus Adithia - detikInet
Selasa, 25 Okt 2022 13:14 WIB
Contoh Flowchart
Foto: detikINET
Jakarta -

Detikers sering dengar istilah flowchart? Istilah ini sering muncul dalam pembuatan konten berbasis grafis. Biasa flowchart dibuat untuk presentasi atau memudahkan pembaca untuk memahami alur atau langkah pada sebuah proses. Lalu, apa saja simbol, jenis dan contoh flowchart? Simak penjelasannya berikut ini.

Definisi Flowchart

Flowchart adalah diagram alir atau bagan alir yang dibuat dalam bentuk grafis. Flowchart dibuat untuk tujuan mendeskripsikan setiap langkah atau alur pada suatu proses. Flowchart juga memiliki keunggulan dalam segi pemahaman pembaca. Sebagai pembaca tentunya kalian akan lebih mudah memahami sebuah alur jika digambarkan secara visual dengan grafis, ketimbang harus membacanya satu per satu.

Menggunakan Flowchart juga membuat konten menjadi lebih jelas, mudah dipahami dan ringkas. Hal ini tentunya berdampak pada pemahaman pembaca. Sehingga meminimalisasi salah penafsiran atau pemahaman.

Fungsi Flowchart

Flowchart atau bagan alir memiliki fungsi untuk menampilkan sebuah gambaran tentang sebuah alur atau proses. Selain itu, flowchart juga berfungsi untuk menyederhanakan proses-proses atau prosedur yang ada, supaya memudahkan pemahaman pembaca. Biasanya pada flowchart juga terdapat simbol-simbol yang merupakan sebuah penggambaran akan alur atau proses.

Simbol Flowchart

Dalam flowchart sendiri memiliki banyak simbol yang bisa digunakan. Simbol-simbol ini memiliki arti dan fungsinya masing-masing. Dikutip detikINET dari LucidChart, Berikut arti dan fungsi dari simbol yang biasa digunakan pada flowchart.

Contoh FlowchartSimbol yang biasa digunakan untuk flowchart Foto: detikINET

Process

Simbol ini masuk ke dalam kategori Action Symbol. Simbol ini menggambarkan sebuah proses, tindakan atau fungsi. Simbol ini merupakan simbol yang banyak digunakan pada diagram alir.

Terminator

Simbol Terminator merupakan simbol yang mewakili awal atau akhir dari suatu jalur proses. Nama lain dari simbol ini adalah Start/End Symbol.

Document

Simbol ini merepresentasikan tentang input atau output dari dokumen pada flowchart. Digunakan dengan tujuan untuk menjelaskan bentuk masukan dari dokumen dan bentuk keluaran dari sebuah bagan alur.

Predefined Process

Simbol untuk menjelaskan pelaksanaan suatu alur pada diagram alir. Biasanya digunakan juga untuk proses atau operasi yang rumit yang ada pada flowchart. Simbol ini juga memiliki arti sebuah proses yang merujuk dari tempat lain pada halaman kerja flowchart kalian.

Decision

Simbol ini merujuk pada sebuah pertanyaan yang memiliki jawaban tertutup seperti benar/salah dan ya/tidak. Kemudian, setelah menggunakan simbol ini biasanya alur dapat terbagi menjadi 2 bagian. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk menjelaskan konsekuensi atau dampak pada kedua pilihan jawaban tertutup tersebut.

Connector

Simbol yang satu ini biasa dikenal juga dengan sebutan On-Page Link. Simbol ini merujuk pada suatu elemen terpisah atau suatu penyambungan proses yang terpisah, namun masih berada pada halaman kerja yang sama.

Off-Page Link

Simbol ini menghubungkan elemen atau proses kerja yang terpisah yang terdapat di beberapa halaman. Biasanya di dalamnya disematkan nomor halaman lain yang menjadi referensi pada flowchart tersebut.

Data

Simbol ini biasa dikenal dengan Input/output Simbol. Simbol yang satu ini merujuk pada data yang tersedia untuk masukan atau keluaran, serta mewakili sumber daya yang dimiliki atau dihasilkan.

Note

Simbol Note biasanya ditempatkan bersama teks/kata-kata. Simbol ini berfungsi untuk menambah penjelasan atau komentar.

Jenis Flowchart

Flowchart sendiri dalam penggunaannya memiliki jenis-jenis yang beragam. Ada beberapa flowchart yang umum digunakan, di antaranya:

  • Flowchart dokumen
    Flowchart dokumen merupakan jenis flowchart yang memiliki tujuan untuk menunjukkan kontrol yang ada pada alur dokumen. Biasanya bagan alir dokumen memiliki cara membaca dari kiri ke kanan dan mendokumentasikan aliran dokumen dari berbagai referensi sumber.
  • Flowchart data
    Flowchart yang satu ini menunjukkan kontrol yang mengatur aliran data pada suatu sistem. Diagram alir ini merupakan penggambaran sebuah proses bahwa data ditransmisikan dengan melewati beberapa tahapan.
  • Flowchart sistem
    Flowchart yang digunakan untuk menggambarkan proses kerja pada suatu sistem. Biasanya memiliki elemen di dalamnya berupa entri data, program, media penyimpanan, prosesor, dan jaringan komunikasi.
  • Flowchart program
    Flowchart yang digunakan untuk menggambarkan suatu proses atau alur pemrograman atau algoritma. Biasanya digunakan untuk membuat daftar program menggunakan bahasa pemrograman. Dalam perkembangannya flowchart seperti ini juga disebut dengan sebutan Notasi Algoritma.

Contoh Penggunaan Flowchart

Contoh FlowchartFlowchart proses: contoh alur login akun Gmail Foto: detikINET

Pada bagian ini detikINET mencoba memberikan contoh dari flowchart atau diagram alir. Flowchart di bawah ini merupakaan flowchart proses. Flowchart ini menggambarkan proses atau tahapan yang dilakukan jika ingin login ke gmail.

Masih banyak jenis-jenis flowchart yang bisa digunakan dalam pembuatan presentasi atau penugasan. Kalian bisa membuat flowchart tersebut menggunakan Word, Power Point, atau website penyedia layanan grafis, dsb.

Nah detikers, di atas merupakan pengertian flowchart beserta fungsi, simbol, jenis dan contoh penggunaan flowchart.



Simak Video "Fenomena Langit Desember 2022: Hujan Meteor Geminid-Ursid"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT