Syarat dan Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru 2022

Syarat dan Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru 2022

ADVERTISEMENT

Syarat dan Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru 2022

Benedictus Adithia - detikInet
Rabu, 19 Okt 2022 18:37 WIB
Ilustrasi Wanita Megang HP
Syarat dan Cara Registrasi Kartu Smartfren Baru 2022 (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Cara registrasi kartu Smartfren merupakan tahapan awal jika kalian ingin menikmati layanan yang disediakan oleh provider Smartfren. Cara registrasi kartu Smartfren juga tergolong sangat mudah. Sejauh ini, ada beberapa cara dalam melakukan registrasi kartu Smartfren. Antara lain menggunakan aplikasi MySmartfren, website Smartfren, atau dengan SMS.

Sejak 31 Oktober 2017, pemerintah mewajibkan registrasi nomor HP untuk semua operator seluler. Keputusan ini tertuang pada Peraturan Menteri Kominfo No 14 Tahun 2017. Peraturan tersebut mengatur tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi.

Ketika melakukan registrasi kartu prabayar, nantinya kalian harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga. Dikutip detikINET dari Kominfo, sejauh ini jumlah maksimal nomor yang teregistrasi pada 1 NIK adalah 3 nomor.

Jadi, pastikan melakukan registrasi sebelum menggunakan kartu prabayar kalian. Smartfren sebagai salah satu operator seluler memiliki beberapa cara dalam registrasi kartu prabayarnya. Adapun manfaat melakukan registrasi kartu prabayar adalah perlindungan konsumen dan kemudahan penyediaan layanan.

Lalu, bagaimana cara registrasi kartu Smartfren? Simak ulasannya.

Cara registrasi kartu Smartfren dengan aplikasi MySmartfren

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Cara yang satu ini tergolong mudah dan sangat simpel. Hal pertama yang harus kalian pastikan adalah mengunduh aplikasi MySmartfren. Begini tahapannya:

  1. Download dan buka aplikasi MySmartfren
  2. Pilihlah menu 'Registrasi'
  3. Masukkan data diri kalian dengan benar
  4. Nantinya, kalian akan diminta untuk mengunggah e-KTP dan KK kalian
  5. Klik 'Lanjut'
  6. Selesai

Cara registrasi kartu Smartfren dengan website Smartfren

Cara selanjutnya adalah menggunakan situs resmi dari Smartfren. Kalian bisa menggunakan HP ataupun laptop kalian ketika melakukan registrasi. Berikut cara registrasi kartu Smartfren menggunakan website Smartfren.

  1. Buka halaman URL 'https://mysf.id/reg'
  2. Masukkan data yang diminta
  3. Verifikasi kode Captcha
  4. Klik 'Lanjut'
  5. Selesai, registrasi berhasil

Cara registrasi kartu Smartfren dengan SMS

Cara terakhir yang akan detikINET jelaskan berikut adalah cara registrasi kartu Smartfren menggunakan SMS. Cara yang satu ini merupakan cara yang biasa digunakan kebanyakan orang. Namun, perlu diperhatikan format penulisannya dengan seksama. Berikut caranya:

  1. Buka SMS di HP kalian
  2. Ketik SMS dengan format 'NIK#Nomor KK#' (tanpa tanda kutip)
  3. Contohnya, '1234567890123456#3201060401130027#'
  4. Kemudian kirim SMS ke 4444
  5. Silahkan tunggu validasi
  6. Selesai, nomor kalian berhasil diregistrasi

Nah, detikers itulah cara registrasi kartu Smartfren. Selain cara di atas, kalian juga bisa mengunjungi outlet atau mitra Smartfren terdekat di daerah kalian. Nantinya, petugas akan membantu untuk meregistrasi nomor kalian.

Jika kalian sudah bisa melakukan registrasi kartu Smartfren dengan ketiga cara di atas. Kalian juga bisa mengecek status registrasi kartu Smartfren.

Cek status registrasi nomor Smartfren

  1. Buka SMS di HP kalian
  2. Ketik 'CEK' (huruf kapital)
  3. Kirim ke 4444
  4. Selesai, silahkan tunggu SMS balasan

Jika nantinya kalian menemukan kendala atau kesulitan dalam registrasi kartu Smartfren. Kalian juga bisa menghubungi layanan contact center Smartfren di 4444 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dari PSTN (Jaringan telepon tetap/Public Switched Telephone Network) atau 08811-223344 dari nomor ponsel lain.



Simak Video "Berapa Kira-kira Harga Paket Internet 5G? Ini Jawaban Smartfren"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/afr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT