Jaringan Komputer: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya

Jaringan Komputer: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya

ADVERTISEMENT

Jaringan Komputer: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya

Benedictus Adithia - detikInet
Senin, 03 Okt 2022 09:37 WIB
ilustrasi komputer
Jaringan Komputer: Pengertian, Tujuan, Komponen dan Manfaatnya. Foto: Unsplash
Jakarta -

Perkembangan teknologi di segala sisi memberikan kemudahan dalam hal konektivitas jaringan. Salah satunya adalah jaringan komputer. Secara sederhana, jaringan komputer bisa diartikan sebagai sebuah jalur penghubung antara perangkat komputer satu dengan yang lain.

Jaringan komputer sendiri banyak digunakan dalam berbagai bidang. Contohnya dalam bisnis, pendidikan, dan lain sebagainya. Jaringan komputer adalah sistem yang menghubungkan beberapa perangkat komputer untuk berbagi informasi, data, ataupun sumber daya. Berikut adalah pengertian, tujuan, dan manfaat dari jaringan komputer.

Pengertian jaringan komputer

Dikutip detikINET dari Techtarget.com, jaringan komputer biasa disebut juga dengan jaringan data. Jaringan komputer adalah serangkaian node yang saling berhubungan.

Node sendiri adalah bagian fisik dalam sistem komputer yang berfungsi sebagai saluran komunikasi, karena terhubung dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Node memungkinkan sistem komputer untuk mengirim, menerima dan bertukar data, suara maupun video. Contoh node dalam jaringan komputer adalah server atau modem. Penggunaan jaringan komputer bisa mengatasi hambatan geografis dan memungkinkan berbagi informasi secara cepat.

Penggunaan jaringan komputer memungkinkan penggunaan dan berbagi sejumlah aplikasi atau layanan, termasuk email, video, audio, dan sebagainya melalui koneksi internet.

Tujuan jaringan komputer

Tujuan dari dibangunnya sebuah jaringan komputer adalah agar informasi atau data yang dibawa pengirim (transmitter) bisa sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Jaringan komputer berdasarkan definisinya memungkinkan dapat melakukan satu sama lain dengan mudah.

Dikutip dari Tutorialspoint.com, berikut beberapa tujuan dari dibangunnya jaringan komputer:

  • Berbagi sumber daya
  • Peningkatan kinerja
  • Media komunikasi
  • Kecepatan dalam bertukar informasi.

Selain soal tujuan, tentunya ada manfaat dari dibangunnya sebuah sistem jaringan komputer. Berikut beberapa manfaat pada jaringan komputer.

Manfaat jaringan komputer

  1. Dapat mengakses file/data pada beberapa perangkat sekaligus melalui suatu jaringan, misalnya dengan jaringan internet
  2. Melakukan pengiriman data secara efektif dan efisien
  3. Membantu berkomunikasi dalam kendala letak geografis, misalnya teman di negara lain
  4. Menghemat biaya dalam proses berbagi informasi
  5. Penggunaan satu mesin cetak di kantor secara bersamaan.

Selain itu, manfaat dari jaringan komputer tentunya masih banyak, antara lain jaringan komputer memiliki perlindungan, sehigga data bisa terjaga dari segi keamanan.

Setelah membahas pengertian, tujuan dan manfaat, jaringan komputer juga memiliki komponen penyusun. Komponen inilah yang memastikan sebuah jaringan komputer bisa berjalan dengan semestinya.

Komponen jaringan komputer

Komponen dalam jaringan komputer dibagi menjadi dua berdasarkan wujudnya, di antaranya:

Komponen fisik

  1. Komputer server
  2. Komputer klien
  3. Switch (pemecah jaringan)
  4. Konektor
  5. Bridge (pemecah jaringan lokal)
  6. Hub
  7. Access Point
  8. Modem
  9. Router
  10. Repeater
  11. Network card.

Komponen Non-Fisik

  1. Sistem operasi komputer (software)
  2. Protokol jaringan.

Komponen-komponen tersebut memastikan bahwa sebuah jaringan komputer berjalan dengan semestinya. Selain itu, komponen tersebut sebagai alat pendukung dalam terciptanya konektivitas antara beberapa perangkat komputer.

Demikian pembahasan terkait pengertian jaringan komputer beserta tujuan, manfaat, dan komponennya.



Simak Video "Kacamata XRAI Ini Bantu Orang Tuli Bersosialisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT