Begini Cara Membersihkan MacBook yang Baik dan Benar

ADVERTISEMENT

Begini Cara Membersihkan MacBook yang Baik dan Benar

Benedictus Adithia - detikInet
Senin, 26 Sep 2022 16:40 WIB
MacBook Air M2
Kenali Cara Membersihkan MacBook yang Baik dan Benar. Foto: AP/Noah BergerA
Jakarta -

Kebersihan perangkat kerja sangatlah penting jika ingin peralatan kalian awet dan tetap berjalan dengan baik. Pasalnya, kebersihan juga menjadi salah satu faktor menghindari adanya jamur atau benda asing yang dapat menurunkan kinerja perangkat.

Di artikel kali ini, kita akan membahas cara yang baik dan benar dalam membersihkan perangkat kerja, khususnya untuk pengguna MacBook, seperti dikutip detikINET dari website resmi Apple.

Cara membersihkan bagian luar MacBook

  1. Matikan perangkat dan cabut sumber daya terlebih dahulu
  2. Siapkan kain dengan tekstur lembut, lembap, dan tidak berserat untuk membersihkan bagian luar
  3. Hindari masuknya air dari celah manapun
  4. Jangan semprotkan cairan secara langsung ke perangkat
  5. Jangan menggunakan semprotan aerosol, pelarut, penggosok, atau pembersih yang mengandung hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat merusak lapisan material MacBook.

Membersihkan layar MacBook

  1. Matikan perangkat dan cabut sumber dayanya
  2. Basahi kain lembut yang tidak berserat dengan air
  3. Kemudian, gunakan untuk membersihkan layar

Kemudian selain dari bagian luar dan layar, untuk membersihkan noda atau bekas sidik jari yang sulit pada permukaan layar. Anda bisa menggunakan kain dengan tekstur lembut yang dilembapkan dengan larutan alkohol isopropil (70%) untuk menyeka bagian layar MacBook dan sekitarnya secara perlahan.

Untuk model MacBook Pro dari tahun 2016 dan versi lebih baru dengan Touch Bar dan Touch ID. Kalian tinggal melakukan dengan cara yang hampir sama. Hal pertama yang harus anda pastikan adalah mematikan MacBook anda dan cabut sumber daya. Setelah itu, basahi kain lembut dan tidak berserat dengan air. Kemudian, gunakan kain tersebut untuk membersihkan TouchBar dan Touch ID.

Pada tipe MacBook akhir 2009 dan pertengahan 2010 (13 inch), casing/bingkai bawah perangkat tersebut menggunakan bahan antiselip yang lembut. Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan 3M Gray Microfiber atau kain yang lembut dan tidak berserat untuk membersihkan bingkai.

Itulah cara membersihkan MacBook secara baik dan benar. Informasi menarik lainnya terkait teknologi bisa anda dapatkan di detikINET.



Simak Video "KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT