Cara Membersihkan RAM HP Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!

ADVERTISEMENT

Cara Membersihkan RAM HP Android dengan Mudah, Yuk Dicoba!

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 06 Sep 2022 19:45 WIB
Ilustrasi Main HP
Cara Membersihkan RAM HP Android dengan Mudah, Yuk Dicoba! (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Random Access Memory (RAM), merupakan salah satu elemen penting yang menjadi pertimbangan kala membeli smartphone. Semakin besar kapasitas atau size-nya, maka akan lebih diminati.

Ukurannya sendiri beragam, mulai dari 1, 2, 3, 4, 6, 8, atau 12GB. Kendati demikian, semakin besar RAM yang diinginkan, maka dana yang harus digelontorkan pun lebih banyak untuk bisa memboyongnya.

Namun tahukah kalian, ternyata ada cara membersihkan RAM HP lho. Hal ini dilakukan setidaknya agar bisa membuat kinerjanya menjadi lebih baik.

Langkah-langkahnya pun sangat mudah untuk detikers lakukan. Mari simak penjelasan singkat dan sederhana di bawah ini.

Apa itu RAM

Sebelum masuk ke pembahasan inti, ada baiknya mengenal sebentar mengenai RAM itu sendiri. Ia bekerja sebagai memori utama dalam ponsel, di mana berfungsi untuk menyimpan data dari program atau aplikasi yang dijalankan.

Data yang bersemayam pada RAM hanya bersifat sementara. Hal ini mengingat, akan terhapus saat kalian membersihkannya secara manual atau ketika melakukan reboot smartphone.

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa semakin besar ukurannya, akan lebih mahal. Namun tak luput, soal kualitas RAM pun juga semakin baik lagi.

Nah perlu diingat, meskipun smartphone kalian memiliki kapasitas lapang, namun banyak aplikasi berjalan atau digunakan, maka memorinya yang terpakai jadi lebih banyak. Semakin digerogoti memori RAM, maka dapat menyebabkan kinerjanya melambat.

Oleh sebab itu, ada baiknya membersihkan RAM HP secara manual. Tujuannya, tidak lain untuk membuat performa kembali seperti semula.

Lantas, bagaimana cara membersihkan RAM HP Android? Yuk perhatikan uraian berikut.

Cara Membersihkan RAM HP Android

Untuk langkah awal, pengguna dapat mengecek terlebih dahulu berapa banyak RAM yang sudah terpakai. Nah bila ingin melihatnya, bisa melakukannya di menu pengaturan.

  1. Kunjungi pengaturan HP.
  2. Lalu masuk ke menu Memori, atau bisa langsung masukkan kata kunci tersebut di kolom pencarian.
  3. Enter.
  4. Kemudian pengguna akan ditampilkan berapa banyak RAM yang dimiliki smartphone kalian dan berapa yang terpakai oleh sistem dan aplikasi.
  5. Selanjutnya, cukup tekan tombol Hapus Sekarang, bila ingin membersihkannya.
  6. Selesai.

Nah melalui menu Memori, pengguna dapat melihat aplikasi mana yang paling memakan banyak RAM. Lalu dalam upaya mendukung performanya, bisa mengurangi beberapa aplikasi itu, terlebih khusus yang sudah tidak pernah digunakan.

Usaha yang dilakukan agar RAM tidak terlalu bekerja keras, salah satunya juga tidak memasang live wallpaper. Sebaiknya, hindari penggunaan aplikasi tambahan, di mana disinyalir dapat meningkatkan performa RAM, karena belum tentu itu bisa bekerja dengan baik.

Kurang lebih seperti itu cara membersihkan RAM HP Android. Bagaimana detikers, mudah sekali kan langkah-langkahnya?



Simak Video "KuTips: 4 Style Outer dari Pashmina"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT