Cara Download Lagu YouTube Tanpa Convert ke MP3, Bukan di Savefromnet

ADVERTISEMENT

Cara Download Lagu YouTube Tanpa Convert ke MP3, Bukan di Savefromnet

Tim - detikInet
Selasa, 06 Sep 2022 09:38 WIB
YouTube Music
Cara Download Lagu YouTube Tanpa Convert ke MP3, Bukan di Savefromnet Foto: The Verge
Jakarta -

Cara download lagu YouTube kini makin banyak dan beragam. Tapi kalau cari cara yang legal dan tidak ingin melanggar hak cipta, jangan pakai situs pihak ketiga seperti Savefrom.net ya.

YouTube kini tidak lagi menjadi platform khusus untuk menonton video. Sejak peluncuran YouTube Music pada tahun 2018, platform milik Google ini juga menjadi salah satu tempat streaming lagu yang populer.

Dengan download lagu YouTube kalian bisa menikmati musik di mana saja dan kapan saja. Tapi perlu diingat bahwa YouTube memiliki Terms of Service yang melarang pengguna untuk download konten lagu kecuali diizinkan oleh penyedia layanan, atau memiliki izin tertulis dari YouTube atau pemilik hak cipta konten.

Jangan khawatir, kalian tetap bisa download lagu YouTube secara gratis untuk menikmatinya secara offline. Syaratnya, dengan berlangganan YouTube Music Premium yang untuk bulan pertama bisa kalian dapatkan dengan gratis tanpa biaya. Setelah bulan pertama baru akan ditagih Rp 49.000 per bulan.

Untuk mencegah pembajakan lagu dan pelanggaran hak cipta, opsi ini tidak ditawarkan di situs YouTube Music atau versi gratisnya. Jadi pengguna hanya bisa mengunduh lagu YouTube lewat aplikasi YouTube Music di Android atau iOS.

Dengan berlangganan YouTube Music Premium pengguna bisa merasakan banyak benefit yaitu opsi untuk download lagu agar bisa didengarkan secara offline, mendengarkan lagu di background, mendengarkan lagu bebas iklan, dan mode audio-only.

Kalian juga bisa mendukung musisi favorit karena mereka bisa mendapatkan royalti dari setiap streaming dan download. Selain itu cara download lagunya juga sangat mudah, tidak perlu lagi convert ke format MP3 atau menggunakan situs pihak ketiga seperti Savefrom.net.

Tapi kalau tidak ingin membayar biaya berlangganan YouTube Music Premium, kalian tetap bisa download lagu YouTube dengan gratis. Cukup cari video atau lagu yang bebas royalti, bebas hak cipta, dan memiliki lisensi Creative Commons.

Salah satu channel YouTube yang menyediakan musik gratis adalah Audio Library yang musiknya bisa dimanfaatkan oleh kreator untuk membuat videonya jadi lebih menarik. Tapi musik gratis ini hanya bisa di-download menggunakan link dari YouTube dan tidak boleh menggunakan software atau situs pihak ketiga.

Nah tanpa berpanjang lebar lagi, berikut cara download lagu Youtube secara legal tanpa convert ke MP3.

  • Buka aplikasi YouTube Music atau YT Music di ponsel Android atau iPhone
  • Kalian akan disambut layar yang mengajak untuk berlangganan YouTube Music Premium. Kalau tidak menemukan, ketuk tab Upgrade yang ada di sudut kanan bawah layar
  • Pilih opsi 'Get Free Month' untuk mendapatkan gratis berlangganan YouTube Music Premium selama satu bulan. Setelah periode trial selesai, kalian akan ditagih biaya langganan Rp 49.000 per bulan jadi jangan lupa batalkan langganan kalau tidak ingin ditagih
  • Setelah berlangganan YouTube Music Premium, kalian bebas download lagu, album atau playlist
  • Untuk download lagu, cari lagu YouTube yang ingin di-download lalu ketuk cover lagu dan pilih opsi Download dengan ikon tanda panah ke bawah atau dengan ketuk Menu dengan ikon tiga titik vertikal dan klik Download
  • Untuk download album atau playlist, cari album atau playlist yang ingin di-download lalu ketuk Menu dan pilih Download
  • Pilih jenis konten yang ingin di-download, apakah dalam bentuk video resolusi tinggi, video resolusi medium, atau audio-only
  • Lagu YouTube yang sudah di-download dapat diakses di tab Library dan siap didengarkan kapan saja bahkan dalam keadaan offline.


Simak Video "Daebak! BTS Jadi Artis Paling Banyak Ditonton di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT