Sebentar Lagi Dirilis, Ini Cara Sembunyikan Status Online di WhatsApp

ADVERTISEMENT

Sebentar Lagi Dirilis, Ini Cara Sembunyikan Status Online di WhatsApp

Tim - detikInet
Minggu, 04 Sep 2022 11:30 WIB
Fitur privasi baru WhatsApp
Sebentar Lagi Dirilis, Ini Cara Sembunyikan Status Online di WhatsApp Foto: dok. WhatsApp
Jakarta -

WhatsApp akhirnya mengumumkan kehadiran fitur baru untuk menyembunyikan status online. Fitur yang sudah diminta pengguna sejak lama ini dijanjikan hadir dalam waktu dekat, jadi tidak perlu menggunakan trik-trik rumit untuk menyembunyikan status online di WhatsApp.

Fitur tersebut diumumkan oleh WhatsApp pada bulan Agustus lalu dan diklaim akan tersedia untuk pengguna dalam periode bulan yang sama. Tapi memasuki bulan September, belum ada tanda-tanda kapan fitur ini akan dirilis untuk beta tester dan pengguna umum.

WhatsApp memang baru sekedar mengonfirmasi kedatangan fitur tersebut dan belum membagikan detail lengkapnya, termasuk cara menggunakannya. Tapi dari gambar dan keterangan yang diberikan serta bocoran dari tipster seperti WABetaInfo, sudah bisa dilihat bagaimana cara pakainya.

Dari gambar yang diunggah WhatsApp, pengaturan 'Last seen' dan 'Online' disatukan dalam menu yang sama. Untuk mengatur siapa yang bisa melihat status online, pengguna bisa masuk ke sub menu 'Who can see when I'm online'.

Di situ terdapat dua pilihan yaitu 'Everyone' atau semua orang dan 'Same as last seen' atau mengikuti pengaturan Last seen. Jika memilih opsi Everyone, maka semua orang di kontak WhatsApp bisa melihat status online pengguna.

Tapi jika memilih opsi kedua, siapa yang bisa melihat status online pengguna akan mengikuti pengaturan Last seen. WhatsApp sendiri menyediakan empat opsi untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat Last Seen yaitu semua orang, kontak saya, kontak saya kecuali, dan tidak ada.

Jadi cara menyembunyikan status online WhatsApp akan sama seperti cara mengatur Last seen yaitu:

  • Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk menu dengan ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas
  • Pilih Settings > Account > Privacy
  • Pilih opsi Last Seen and online
  • Pilih siapa yang boleh melihat status online, apakah semua orang (Everyone) atau sama seperti status Last seen.
Cara sembunyikan status online WhatsAppCara sembunyikan status online WhatsApp Foto: WhatsApp

Perlu diingat bahwa saat ini fitur menyembunyikan status online yang resmi dari WhatsApp belum tersedia secara publik. Jadi mungkin akan ada bagian yang sedikit diubah di versi finalnya.

Selain itu, kalau kalian tidak membagikan status Last seen dengan pengguna lain, maka kalian tidak bisa melihat status Last seen orang lain. WhatsApp juga akan mengenalkan batasan yang sama untuk status online.



Simak Video "WhatsApp Kabulkan Permintaan Pengguna yang Tak Ingin Terlihat Online"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT