Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Langsung Ampuh

ADVERTISEMENT

Cara Melacak Nomor HP yang Tidak Dikenal, Langsung Ampuh

Anggoro Suryo - detikInet
Jumat, 26 Agu 2022 19:44 WIB
truecaller
Foto: Thewire
Jakarta -

Detikers tentu sering menerima panggilan telepon dari nomor yang tak dikenal dan tersimpan di daftar kontak. Apalagi jika panggilan itu tidak terangkat, anda tentu makin penasaran siapa yang menelpon.

Panggilan itu bisa saja berasal dari kenalan anda yang nomornya belum tersimpan, atau bisa juga sekadar panggilan spam. Yuk simak cara melacak nomor HP yang tak dikenal.

1. Aplikasi Getcontact

GetcontactGetcontact Foto: Situs Getcontact

Lewat aplikasi Getcontact, Anda bisa melacak nomor HP yang tak dikenal, juga bisa memblokir dan menandai nomor-nomor HP yang sering dipakai untuk melakukan panggilan spam, atau nomor yang ingin diblokir. Di aplikasi ini Anda juga bisa mengecek nama Anda yang tersimpan di daftar kontak orang lain, tentunya orang yang sama-sama menggunakan aplikasi Getcontact, ya.

2. Situs Kredibel

Situs Kredibel.co.idSitus Kredibel.co.id Foto: Screenshot situs

Situs Kredibel.co.id menyediakan database yang berisi nomor HP yang pernah dipakai untuk penipuan, juga nomor rekening bank yang pernah dipakai untuk penipuan. Anda bisa memakai situs ini untuk melacak nomor HP seseorang, misalnya saat akan melakukan transaksi jual beli secara online.

3. Aplikasi Truecaller

Truecaller 12Truecaller Foto: Dok. Truecaller

Truecaller adalah aplikasi yang cukup terkenal untuk melacak nomor HP tak dikenal. Datanya berasal dari tag, yang informasinya berasal dari pengguna lain. Karena Truecaller punya basis pengguna yang cukup besar, maka datanya pun terbilang banyak.

4. Situs Truecaller

Situs TruecallerSitus Truecaller Foto: Situs Truecaller

Selain lewat aplikasi Truecaller, anda juga bisa memanfaatkan layanan mereka lewat situsnya. Namun anda perlu melakukan login sebelum bisa menggunakan layanan tersebut. Loginnya bisa menggunakan akun Google atau Microsoft. Praktis.

5. Aplikasi Sync.ME

Situs Sync.meSitus Sync.me Foto: Situs Sync.me

Fitur aplikasi Sync.ME ini relatif sama dengan Getcontact dan Truecaller, yaitu mengidentifikasi nomor telepon berbasis laporan pengguna lain. Tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi panggilan spam, telemarketer, dan robocall, sehingga bisa langsung ditolak tanpa perlu diterima panggilannya. Anda pun bisa mendaftarkan nomor tertentu ke daftar hitam, sehingga saat panggilan dari nomor tersebut masuk, ponsel akan otomatis menolaknya.



Simak Video "Mengenal Demit Token, Game Horor NFT Buatan Developer Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT