5 Cara Download Video YouTube di HP dan PC, Gampang Banget!

ADVERTISEMENT

5 Cara Download Video YouTube di HP dan PC, Gampang Banget!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 10 Agu 2022 06:46 WIB
Kiev, Ukraine - June 5, 2014: Brand new Apple iPhone 5S with YouTube application service on the screen lying on a desk with headphones. YouTube is the worlds most popular online video-sharing website that founded in February 14, 2005
5 Cara Download Video YouTube di HP dan PC, Gampang Banget! Foto: iStock
Jakarta -

YouTube bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja hanya dengan bermodalkan ponsel dan paket internet. Tapi kalau harus terbang naik pesawat atau pergi ke tempat yang susah sinyal, menonton video di YouTube jadi sedikit lebih sulit.

Untungnya ada banyak cara untuk download video YouTube agar bisa ditonton secara offline tanpa membutuhkan koneksi internet. Ada dua cara untuk download video YouTube, yaitu cara resmi menggunakan aplikasi YouTube dan cara tidak resmi menggunakan situs pihak ketiga.

Jika ingin download video apapun di YouTube dengan kualitas tertinggi kalian harus berlangganan YouTube Premium terlebih dahulu. Sementara itu situs pihak ketiga memang gratis, tapi tidak sepenuhnya legal dan ada risiko keamanan yang mengintai.

Tapi sebelum download video YouTube ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan terkait dengan hak cipta konten. Download video lewat aplikasi YouTube diizinkan dan tidak melanggar syarat dan ketentuan YouTube karena video itu tidak bisa ditonton di luar aplikasi dan pengguna tidak bisa mengakses file-nya.

Namun, kalau download video YouTube lewat situs atau aplikasi pihak ketiga kalian berpotensi melanggar Terms of Service (ToS) YouTube dan undang-undang hak cipta. Kalau melanggar ToS YouTube, akun kalian bisa di-suspend atau bahkan diblokir oleh YouTube.

Jenis video YouTube yang bisa diunduh secara legal antara lain:

  • Video di domain publik tanpa hak cipta
  • Video yang dilindungi oleh lisensi Creative Commons (CC). YouTube memiliki filter pencarian khusus untuk video yang termasuk dalam lisensi ini
  • Video yang dibuat oleh teman dan keluarga yang telah memberi kalian izin.

Nah, setelah mengetahui segala risikonya, berikut ini lima cara download video YouTube di HP dan PC tanpa menggunakan aplikasi:

Aplikasi YouTube

Ini merupakan cara paling mudah karena kalian tidak perlu berpindah aplikasi untuk download video YouTube. Tapi perlu diingat bahwa video yang diunduh lewat aplikasi YouTube tidak bisa diakses di luar aplikasi.

Selain itu, tidak semua video YouTube bisa diunduh secara gratis dan beberapa yang bisa pun kualitasnya dibatasi. Jika ingin download video YouTube sesukanya dengan kualitas tertinggi, kalian harus berlangganan YouTube Premium seharga Rp 59.000/bulan.

  1. Buka aplikasi YouTube di ponsel Android atau iPhone
  2. Cari dan buka video yang ingin di-download
  3. Klik ikon Download yang ada di bawah video
  4. Pilih kualitas video sesuai keinginan lalu ketuk tombol Download
  5. Tunggu sesaat sampai proses download video YouTube selesai
  6. Untuk menonton video yang sudah di-download, ketuk tab Library yang ada di sudut kanan bawah lalu pilih opsi Downloads.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT