Cara Ngecas HP yang Aman Agar Tidak Meledak - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Cara Ngecas HP yang Aman Agar Tidak Meledak

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 15:50 WIB
Penampakan ponsel yang meledak di Ciamis
Foto: Dadang Hermansyah/detikJabar

Cara Isi Ulang Baterai HP yang Tepat

Lantas, bagaimana cara mengisi ulang baterai ponsel yang tepat agar tidak meledak? Ada beberapa langkah mudah yang bisa kalian lakukan seperti:

  • Hindari suhu yang terlalu ekstrem. Tidak hanya suhu panas yang ekstrem, tapi suhu yang terlalu dingin juga bisa merusak baterai. Baterai ponsel biasanya bisa bekerja optimal di suhu antara 0-35 derajat Celsius.
  • Artinya, jangan tinggalkan ponsel terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, terutama saat sedang dicas. Hindari juga tempat yang terlalu dingin, jadi jangan tempatkan ponsel di dalam kulkas.
  • Jangan menaruh ponsel di atas kasur saat sedang dicas, terutama saat ditinggal tidur. Pasalnya, ponsel bisa saja terselip di bawah bantal atau ditindih oleh badan sehingga bisa membuat ponsel jadi overheat.
  • Sebisa mungkin tempatkan ponsel di permukaan yang datar dan keras, seperti di meja atau di atas laci, saat sedang dicas. Jangan lupa jauhkan ponsel dari barang yang mudah terbakar seperti kertas atau kain.
  • Gunakan charger asli. Pastikan selalu menggunakan charger yang sesuai dengan ponselnya, dan menggunakan charger bawaan atau yang asli dibeli langsung dari vendor.
  • Jika harus menggunakan charger dari pihak ketiga, sebaiknya pilih dari vendor aksesoris yang terpercaya seperti Anker, dan jangan pilih yang merek yang tidak dikenal hanya karena harganya murah.
  • Saat menggunakan charger, pastikan untuk menggunakan kabel dan kepala charger yang sama, karena unit charger yang berbeda memiliki tingkat watt yang berbeda. Jadi jika ada salah satu yang rusak dari kabel atau kepala charger, jangan beli penggantinya secara sembarangan.
  • Rawat kabel charger. Kabel charger ponsel yang sudah rusak bisa menimbulkan masalah saat digunakan untuk mengisi ulang baterai. Apalagi jika kabelnya sampai dibiarkan terburai, dan kalau sudah begini sebaiknya segera beli kabel yang baru.
  • Untuk menjaga kabel charger agar tetap awet ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan. Jangan lipat atau tekuk kabel terlalu erat, dan pastikan selalu mencabut charger dengan menarik kepalanya, bukan kabelnya.

[Gambas:Youtube]


Tonton juga video 'KuTips: Mencegah HP Gampang Meledak!" berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT