CEO Ternak Uang Bagikan Tips Optimalkan Smartphone buat Bangun Bisnis

ADVERTISEMENT

CEO Ternak Uang Bagikan Tips Optimalkan Smartphone buat Bangun Bisnis

Inkana Izatifiqa R Putri - detikInet
Selasa, 19 Jul 2022 19:49 WIB
OPPO dxpertise
CEO & Co-Founder Ternak Uang, Raymond Chin/Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

Menjalani bisnis saat ini bisa dibilang semakin mudah lantaran bisa dilakukan di mana saja. Seiring berkembangnya teknologi, membangun bisnis pun bisa dilakukan melalui smartphone. Seperti halnya yang dilakukan oleh CEO & Co-Founder Ternak Uang, Raymond Chin.

Sebagai pebisnis di level profesional, Raymond mengatakan dirinya kerap kali memanfaatkan smartphone untuk menunjang produktivitas kerja bisnisnya. Mengingat ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan melalui smartphone mulai dari mengecek hingga mengedit dokumen sekalipun.

"Kalau saya pribadi kan membangun bisnis udah di tahap punya tim. Sering kan tim kita minta tolong review ini, tolong cek dokumen ini, dan lainnya. Dan kondisinya tuh kebanyakan entrepreneur (kayak) 'oh tunggu di kantor ya', atau 'nanti meeting di-present ya'. Kalau saya enggak," katanya dalam webinar 'Excellent in Every Ways' yang digelar bersama detikcom dan OPPO, Selasa (19/7/2022).

"Jadi, pertama di smartphone harus ada aplikasi yang bisa buka dokumen-dokumen itu. Mau docs, excel, bisa edit, bisa review, bisa tanda tangan digital," imbuhnya.

Tak hanya di level profesional, Raymond menyebut saat ini para pebisnis pemula juga bisa membangun bisnisnya dengan memanfaatkan smartphone. Bahkan, dirinya juga sangat merekomendasikan penggunaan smartphone untuk memulai bisnis.

"Tapi untuk (pemula), if you wanna start something, justru saya highly recommend mulainya dari hp. Soalnya kalau dari hp itu lebih gampang daripada pakai laptop. Contohnya, sekarang kita tinggal di zaman gig economy, kita bisa self employed dan make money dengan submit sesuatu hasil digital seperti voice over, translate dokumen, video editing, desain, itu semua bisa pakai hp," ungkapnya.

"Dulu, saya waktu itu (buat video) YouTube, saya edit video nggak pakai laptop karena nggak ngerti. Turns out, software di smartphone seperti Cap Cut atau yang lainnya jauh lebih gampang (digunakan) pemula untuk start editing video," lanjutnya.

Bagi para pemula yang ingin membangun bisnis pakai smartphone, Raymond pun menyarankan untuk mencoba memanfaatkan berbagai marketplace yang menghadirkan pekerjaan freelance. Mengingat saat ini hampir semua pekerjaan bisa dilakukan melalui smartphone.

"Kalau mikir bisa nggak ya nyelesain task pakai smartphone? Sekarang most likely 90% bisa, baik video editing dan lain bisa. And it's always a great start karena sekarang semua orang punya smartphone. Coba aja lihat kerjaan apa yang bisa dijual di Fiverr, Sribu, atau marketplace freelance lainnya, banyak banget yang bisa dilakukan. Sisanya, start installing productivity apps buat review kerjaan atau komunikasi," papar Raymond.

Soal pemilihan smartphone, Raymond juga membeberkan fitur-fitur yang wajib diperhatikan. Pasalnya, fitur pada smartphone dapat berdampak terhadap produktivitas kerja dan bisnis.

"Battery itu salah satu fitur yang paling penting, especially kalau hampir 60% persen diskusi itu lewat smartphone.. Mau itu lewat Notion, Discord, WhatsApp untuk kirim-kirim dokumen. Apalagi di momen kita keluar 4-5 kali untuk meeting), tidak ada akses charger, jadi having a big battery salah satu yang bener-bener saya cari di hp," katanya.

"Kamera (juga) penting, especially kalau you go in meeting dan lain-lain, yang penting (kamera) presentable dan nggak blurry. Dan kalau untuk konten kreator, kamera juga jadi hal terpenting kedua selain battery," katanya.

Melihat kondisi ini, OPPO meluncurkan smartphone OPPO Find X5 Pro 5G untuk menunjang seluruh kebutuhan bisnis dan pekerjaan lainnya. Bahkan, Chief Creative Officer OPPO, Patrick Owen menyampaikan smartphone flagship yang satu ini juga didesain khusus untuk para pekerja di level profesional.

"OPPO Find X5 Pro 5G is the best for professionals. Kami tahu bahwa para profesional membutuhkan kecepatan dan keandalan. Dalam hal kecepatan, pengisian daya dan daya tahan adalah hal penting bagi mereka. Dan OPPO Find X5 Pro 5G menghadirkan 80W SUPERVOOC fast charging dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan teknologi ini, smartphone akan terisi 50% dalam 12 menit," paparnya.

Lebih lanjut, Patrick menyebut OPPO juga menyematkan teknologi Snapdragon 8 Gen 1 yang akan memudahkan para pekerja untuk melakukan multitasking. Canggihnya lagi, OPPO memastikan OPPO Find X5 Pro 5G memiliki koneksi yang stabil dengan jaringan 5G.

"Dan kita menghadirkan juga Snapdragon 8 Gen 1 yang terbaru untuk para profesional, di mana mereka akan merasakan kecepatan pada saat multitasking. Tidak hanya cepat, tapi juga very smooth," katanya.

"Saat Anda harus online setiap saat or menghadiri meeting, dengan kehadiran 5G di Indonesia, kita juga menghadirkan antena 360, di mana OPPO Find X5 Pro 5G akan memastikan komunikasi akan berjalan stabil," pungkasnya.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT