5 Cara Menggabungkan File PDF dengan HP dan Komputer

ADVERTISEMENT

5 Cara Menggabungkan File PDF dengan HP dan Komputer

Josina - detikInet
Selasa, 05 Jul 2022 13:25 WIB
Boy on the internet with laptop computer doing homework with blank screen
Foto: iStock
Jakarta -

Menggabungkan file PDF banyak dilakukan masyarakat khususnya pengguna di internet, hal ini biasanya untuk keperluan dokumen seperti mengumpulkan berkas lamaran pekerjaan atau mendaftar di perguruan tinggi.

Cara menggabungkan file PDF ini prosesnya cukup mudah bisa melalui smartphone Android dan juga di komputer dengan cepat dan praktis. Berikut cara menggabungkan file PDF yang dirangkum detikINET:

1. Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

Sebagai pengembang format PDF, Adobe tentu memiliki layanan yang memungkinkan kita untuk mengolah file tersebut, yakni Adobe Reader. Caranya buka aplikasi Adobe Reader dan klik tab Tools yang berada di pojok kiri atas.

Kemudian pilih opsi Combine Files. Untuk menambahkan file yang ingin digabungkan klik Add Files. Setelah memilih file-file yang diinginkan klik Combine. Setelah selesai digabungkan, kalian bisa menyimpan file tersebut di folder yang diinginkan dengan klik tab File kemudian Save As.

2. Menggabungkan File PDF dengan Foxit Reader

Foxit Reader merupakan salah satu aplikasi untuk membaca dan mengedit file PDF yang cukup populer. Untuk menggabungkan file PDF pilih menu File kemudian Create dan pilih From Multiple Files.

Setelah window baru muncul, centang Merge multiple files into a single PDF file. Untuk menambahkan file, klik Add Files dan pilih file yang ingin digabungkan. Setelah semua file berhasil diunggah, kalian bisa mengurutkan atau menghapus file sesuai keinginan. Setelah selesai diatur, klik Convert dan tentukan di mana kalian ingin menyimpan file tersebut.

3. Menggabungkan File PDF dengan Xodo

Kedua cara di atas bisa kalian gunakan jika ingin menggabungkan file PDF menggunakan komputer atau PC. Nah, kalau cara ini bisa kalian gunakan jika ingin menyatukan file PDF menggunakan smartphone Android.

Caranya instal aplikasi Xodo terlebih dahulu dari Google Play Store. Kemudian klik tombol + yang berada di sisi kanan bawah dan pilih opsi PDF from Documents. Pilih file-file yang ingin disatukan lalu klik Merge yang ada di pojok kanan bawah.

Beri nama file sesuai keinginan dan klik Merge. Setelah selesai pilih lokasi untuk menyimpan file tersebut.

4. Menggabungkan File PDF dengan SmallPDF

Nah, kalau cara ini cocok untuk kalian yang ingin menggabungkan file PDF menggunakan smartphone tanpa perlu mengunduh software atau aplikasi tambahan. Karena kalian bisa melakukannya hanya dengan mengakses situs di browser.

Salah satu situs yang bisa kalian gunakan adalah SmallPDF. Setelah masuk ke halaman depannya, pilih menu Merge PDF. Klik Choose File untuk memilih file mana saja yang ingin digabungkan. Setelah semua file berhasil diunggah, kalian bisa mengurutkan atau menghapus file sesuai keinginan.

Setelah selesai diatur, klik Merge PDF dan kalian bisa menyimpan file PDF yang telah digabungkan di folder yang diinginkan.

5. Menggabungkan File PDF dengan IlovePDF

Selain situs SmallPDF, kamu juga bisa mengunjungi situs onlinenya IlovePDF di sini kamu bisa menggabungkan file PDF hanya menggunakan smartphone tanpa harus menginstall aplikasi.

Caranya kunjungi situs ilovepdf.com, pilih menu merge PDF lalu pilih file PDF yang akan digabungkan, klik Merge PDF, setelah itu klik Download merge PDF untuk mengunduh hasil file PDF yang sudah digabungkan.



Simak Video "Berkeliling di Candi Ratu Boko Sleman Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/row)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT