Cara Buat Avatar Instagram untuk Dibagikan di Stories dan DM

Cara Buat Avatar Instagram untuk Dibagikan di Stories dan DM

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 16 Mei 2022 19:00 WIB
Istanbul, Turkey - December 15, 2018: Person holding a brand new Apple iPhone X with Instagram profile on the screen. Instagram is an online mobile social networking service, launched in October 2010.
Cara Buat Avatar Instagram untuk Dibagikan di Stories dan DM Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa bulan yang lalu Instagram merilis fitur Avatar secara terbatas di beberapa negara. Kini fitur tersebut telah tersedia di Indonesia meski belum tersebar ke semua pengguna secara merata.

Fitur ini pertama kali dikenalkan oleh Head of Instagram Adam Mosseri pada awal Februari lalu. Dalam videonya, Mosseri mengatakan Avatar akan menjadi kunci untuk mengenalkan identitas pengguna di metaverse.

"Internet akan berkembang menjadi pengalaman yang lebih imersif, sesuatu yang kita sebut metaverse," kata Mosseri dalam videonya di Instagram, seperti dikutip detikINET, Senin (16/5/2022).

"Dan jika kalian ingin berada di dunia virtual ini, identitas kalian harus diperlihatkan. Dan di situlah Avatar hadir. Itu akan menjadi perwakilan visual kalian dan lebih dinamis ketimbang profil," sambungnya.

Avatar di Instagram memiliki tampilan tiga dimensi dan bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna. Wujudnya kurang lebih mirip seperti Memoji yang ada di iPhone atau AR Emoji yang ada di ponsel Samsung.

Pengguna Instagram bebas merancang Avatar-nya agar mirip dengan penampilan fisiknya atau untuk mencerminkan persona mereka secara online. Menariknya, opsi personalisasi yang ditawarkan cukup inklusif, terlihat dari hadirnya opsi bindi dan alat bantu pendengaran.

Bentuk personalisasinya cukup dasar tapi lumayan beragam, mulai dari warna kulit, rambut, pakaian, aksesoris, dan lain-lain. Oh ya, Instagram tidak memberikan pilihan gender saat membuat avatar, tapi kalian bisa membuat avatar sesuai gender kalian dengan memanfaatkan opsi kustomisasi yang ada.

Avatar Instagram juga bisa digunakan untuk menghias Stories atau dibagikan lewat DM. Mosseri mengatakan Avatar Instagram bisa diintegrasikan dengan layanan Meta lainnya yaitu Facebook dan Messenger.

Selanjutnya: Cara membuat Avatar Instagram...