Tips Beli HP Baru Pakai Uang THR Lebaran

Tips Beli HP Baru Pakai Uang THR Lebaran

ADVERTISEMENT

Tips Beli HP Baru Pakai Uang THR Lebaran

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 02 Mei 2022 17:20 WIB
Ilustrasi Smartphone
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Kamu punya rencana membeli HP baru dari uang THR yang diberikan orang tua atau sanak saudara pada lebaran 2022 ini? Simak tips berikut ini biar tak menyesal membeli.

Pengamat gadget Lucky Sebastian menyarankan, pertama penting menentukan budget sebelum membeli. Karena setiap brand selalu berusaha mengisi celah dengan harga selisih tipis.

"Kadang kita tergoda dan bikin naik terus akhirnya malah melebihi budget," ujar Lucky.

Kedua, tentukan aktivitas yang paling sering dilakukan di HP. Bila sering untuk main game, disarankan memilih HP yang punya chipset paling kencang di rentang harga yang telah ditentukan tadi.

Jika senang bikin konten dan foto, Lucky menganjurkan beli HP yang punya keunggulan pada sektor kamera. Sementara yang hobi nonton hiburan baiknya mempertimbangkan kualitas suara dan fitur dual speaker stero.

Bila sehari-hari hanya mengakses media sosial, memainkan game casual, tidak perlu membeli HP flagship yang mahal harganya.

"HP mid-range sudah cukup. Sisanya bisa digunakan beli aksesori atau lainnya. Sering kali habis beli HP kita sering nambah beli case, tempered glass atau charger yang mendukung fast charging," kata Lucky.

Ketiga berapa lama ponsel akan digunakan. Jika rencana dipakainya lama pastikan fitur yang dibawa mendukung teknologi untuk masa depan atau future proof.

"Misalnya sudah mendukung 5G atau fiturnya komplit sehingga mendukung teknologi baru, seperti Metaverse," terang Lucky.

Keempat, apakah kamu bekerja di kantor atau lebih sering di lapangan. Ini menentukan dalam memilih HP dengan lebih cepat habis.

"Kalau di lapangan, jangan pilih HP yang cepat habis. Kadang karena kita menggunakan chipset terlalu tinggi tapi tidak irit daya, malah tidak mencukupi untuk digunakan seharian," kata Lucky.

"Meski sekarang masih ada powerbank, tapi sekarang agak kurang nyaman membawanya. Malah lebih baik memilih HP dengan baterai 6.000 mAh atau 7.000 mAh," kata pria asal Bandung ini.

Saran tambahan bagi mereka yang lebih sering tugas di lapangan. Dianjurkan untuk membeli HP yang tahan air, sehingga mengurangi kekhawatiran saat kehujanan di tengah perjalanan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT