3 Cara Membuat WA Kelihatan Offline Tanpa Mematikan Data

3 Cara Membuat WA Kelihatan Offline Tanpa Mematikan Data

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 18 Mar 2022 15:45 WIB
Ilustrasi WhatsApp
3 Cara Membuat WhatsApp Terlihat Offline Tanpa Mematikan Data Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

Aplikasi messaging seperti WhatsApp atau WA memang memudahkan pengguna untuk menghubungi kontaknya kapan saja dan di mana saja. Tapi kadang kita juga butuh rehat sejenak dan tidak ingin diganggu oleh pesan yang masuk. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan membuat WhatsApp terlihat offline.

Membuat WhatsApp terlihat offline bukan berarti kalian harus mematikan data atau WiFi di ponsel. Ada beberapa cara yang bisa membuat WhatsApp kalian terlihat offline tapi ponsel tetap tersambung ke internet, sehingga kalian tetap bisa chatting dengan kontak lain sambil menghindari pesan yang mengganggu.

Berikut ini ada tiga cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat WhatsApp kelihatan offline tanpa mematikan data, seperti dikutip dari AppTuts, Jumat (18/3/2022).

1. Matikan Last Seen

Salah satu cara paling mudah untuk terlihat offline di WhatsApp adalah dengan mematikan Last Seen. Ini merupakan indikator yang memperlihatkan kapan seseorang terlihat aktif dan online di WhatsApp.

Untuk mematikan Last Seen caranya mudah saja. Pertama klik tiga titik vertikal yang ada di pojok kanan aplikasi WhatsApp, lalu pilih Settings atau Pengaturan .

Setelah itu pilih opsi Account/Akun dan masuk ke halaman Privacy/Privasi. Setelah masuk ke laman Privacy, klik opsi Last Seen yang berada di daftar paling atas.

WhatsApp menyediakan tiga opsi yang pengguna bisa pilih untuk menampilkan Last Seen-nya yaitu untuk semua orang (Everyone), untuk kontak saja (My Contacts), dan tidak diperlihatkan ke siapa-siapa (Nobody). Pilih opsi Nobody agar Last Seen kalian tidak terlihat lagi.

Kalian bisa mengubah opsi ini kapan saja sesuai preferensi. Tapi perlu dicatat, kalau kalian mematikan fitur ini berarti kalian juga tidak bisa melihat Last Seen kontak lain.

2. Matikan Centang Biru

Cara kedua yang tidak kalah gampangnya adalah dengan mematikan 'Read receipts' atau dua centang biru. Jika fitur ini dinyalakan, pengirim pesan bisa tahu kalian sedang online karena akan ada dua centang biru di bawah pesan mereka yang menandakan kalau kalian sudah membaca chat tersebut.

Untuk mematikan centang biru ini, masuk kembali ke halaman Privacy/Privasi seperti langkah di atas. Setelah itu cari opsi 'Read receipts'.

Kalian cukup klik tombol yang ada di sampingnya untuk mematikan Read Receipts. Tapi perlu diingat, kalau Read receipts dimatikan, maka kalian juga tidak bisa melihat apakah orang lain sudah membaca chat kalian atau belum.

3. Sembunyikan Status

Langkah terakhir yang bisa kalian coba untuk terlihat offline di WhatsApp adalah dengan menyembunyikan update Status. Cara ini bisa diterapkan untuk kalian yang sering membuat WhatsApp Status tapi tidak ingin dilihat oleh orang tertentu.

Caranya mudah saja, pertama masuk ke halaman Privacy/Privasi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lalu cari opsi Status di bagian bawah.

Setelah itu kalian akan diperlihatkan jendela baru yang berisi opsi bagaimana kalian ingin membagikan update Status. Pilihan 'My contacts' akan memperlihatkan Status kalian ke semua kontak, 'My contacts except...' akan membagikan status ke semua kontak kecuali orang yang sudah dipilih, dan 'Only share with' memungkinkan kalian memilih orang yang bisa melihat update Status.

Bagaimana detikers, mudah bukan tiga cara membuat WhatsApp terlihat offline tanpa perlu mematikan data yang sudah dijelaskan di atas. Yuk cobain!



Simak Video "5 Fitur Terbaru WhatsApp yang Harus Kamu Coba! "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)