Tips Aman Lindungi Dompet Digital dari Kejahatan Siber

ADVERTISEMENT

Tips Aman Lindungi Dompet Digital dari Kejahatan Siber

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 18 Feb 2022 12:00 WIB
DANA
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dompet digital saat ini memiliki sederet kemudahan bagi penggunanya untuk bertransaksi. Namun, apabila penggunanya tidak hati-hati dalam menggunakannya bisa saja bahaya akan mengintai mereka.

Tentu akan membuat pusing seribu keliling bila saldo yang ada di dompet digital habis begitu saja. Nah, untuk menjaganya ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pengguna dompet digital, apa saja caranya?

Berikut ini adalah beberapa cara amankan dompet digitalmu yang dilansir dari Kaspersky.

1. Teliti Saat Melihat Tautan

Saat pengguna mengunjungi sebuah halaman web yang mengharuskan memasukkan data rahasia, cermati dan teliti terlebih dahulu apakah halaman yang ditampilkan sesuai dengan halaman yang ingin diakses.

Jika URL terdiri dari pilihan acak huruf dan angka, atau terlihat mencurigakan, jangan sekali-sekali memasukkan informasi apapun. Web yang benar juga adalah yang diawali dengan https dan terdapat gambar gembok di sebelah kirinya.

2. Waspada Terhadap Komunikasi Palsu

Cara selanjutnya adalah tetap waspada terhadap bentuk komunikasi apapun yang mencurigakan, baik via telepon, pesan singkat, maupun email. Sebab, sebagian besar organisasi keuangan tak akan pernah meminta data pribadi pelanggannya.

3. Gunakan Koneksi Internet Pribadi

Cobalah untuk menghindari penggunaan komputer umum ketika perlu untuk mengakses layanan perbankan online. Komputer publik tersebut mungkin saja menyimpan berbagai program spyware yang sedang dijalankan.

4. Tingkatkan Keamanan Dompet Digital

Agar lebih aman lagi, periksalah dompet digital yang digunakan. Apakah pengembang sudah memberikan beberapa fitur keamanan seperti two factor authentication hingga keamanan lainnya yang mampu menjaga saldo di dalam dompet digital.

Jangan lupa juga untuk tidak memberikan nomor OTP dan juga PIN transaksi kepada orang lain atau yang tak dikenal. Pakai juga dompet digital yang sekiranya bisa memberikan rasa aman kepada penggunanya dalam setiap transaksi yang dilakukan.

Salah satunya yaitu DANA yang memberikan rasa aman kepada penggunanya dengan adanya DANA Protection. Fitur ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut.

DANADANA Foto: DANA

Tak hanya itu, DANA Protection juga memiliki berbagai keunggulan lainnya lho! Pertama, setiap bertransaksi, pengguna akan dilindungi dengan sistem keamanan seperti PIN DANA, kode OTP, atau Face Verification. Jadi pastinya, bisa memproteksi dompet digitalmu dari orang yang tidak bertanggung jawab atau penipu.

Selain itu, DANA juga memberikan 100% jaminan uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat kamu bertransaksi sesuai Syarat & Ketentuan yang berlaku.

Lebih hebatnya lagi, DANA juga memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank lho! Jadi makin tenang aja deh transaksi pakai DANA.

Yuk, biar kamu bisa bertransaksi dengan Bebas Cemas & #BebasDrama, download & pakai DANA sekarang!

(fhs/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT