10+ Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google Gratis

10+ Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google Gratis

Sponsored - detikInet
Selasa, 15 Feb 2022 20:42 WIB
adv
Jakarta -

Artikel ini, bukan hanya tentang cara agar website muncul di pencarian Google. Lebih dari itu, jika Anda menerapkannya dengan baik, itu berpotensi memberi peringkat di halaman 1 mesin pencari terbesar dunia itu.

Muncul dan berada di halaman 1 Google, adalah penting bagi segala jenis bisnis saat ini. Juga sebagai cara efektif untuk mempertemukan situs Anda dengan banyak orang. Ini jelas, akan memberi Anda berbagai keuntungan.

Bukan rahasia lagi bahwa rata-rata dari manusia modern, mengandalkan pencarian Google untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Mulai dari mencari trend-trend terkini, bersosialisasi, mencari rekomendasi, mencari dan membeli produk/jasa, hingga pemecahan masalah.

Sedikit sulit, menjalani hidup tanpa Google di era digital sekarang. Disisi lain, website adalah alat penting untuk membangun eksistensi Anda secara daring. Termasuk bisnis! Muncul dan dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna adalah cara meningkatkan visibilitasnya.

Cara terbaik untuk melakukan itu, adalah melalui teknik SEO (Search Engine Optimization). Panduan praktis ini, memungkinkan Anda dapat melakukan sendiri. Langsung kita mulai saja, apa saja faktor yang dapat bantu website Anda muncul di pencarian Google.

Cara Agar Website Muncul di Pencarian Google Melalui Teknik SEO

Dalam panduan ini, ada 10 langkah sederhana yang dapat memastikan situs Anda muncul di Google.

1. Beri Akses Google Untuk Menemukan Situs Anda

Saat membuat website, pastikan apakah domain Anda sudah terindeks oleh Google. Untuk melihatnya lakukan pencarian di Google dengan format site:namadomain.com. Jika halaman Anda belum terindeks, ada kemungkinan ketidaksengajaan pengaturan memblokir Google untuk mengakses website Anda.

Untuk pengguna WordPress, masuk menu dashboard dan arahkan ke pengaturan, dan klik 'membaca'. Pastikan untuk tidak mencentang bagian 'halangi mesin pencari untuk mengindeks situs ini'

2. Unggah Sitemap untuk Google

Sitemap berguna untuk membantu crawling Google dan menemukan halaman dari website Anda. Untuk membuat sitemap dengan mudah dan otomatis, mungkin plugin-plugin website yang tepat dapat membantu.

3. Tulis Konten berkualitas

Konten yang berkualitas nyatanya mempengaruhi peringkat tinggi. Buatlah ide topik yang relevan dengan target audiens Anda, dan buat konten blog evegreen dengan pembahasan secara kompleks terkait ide tersebut.

Bersumber dari postingan entrepreneur, ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa beberapa postingan di halaman 1 Google memiliki konten yang memiliki jumlah di atas 1100 kata.

4. Riset Keyword

Riset keyword diperlukan guna untuk mengetahui topik apa saja yang memiliki volume pencarian tinggi di Google. Tentunya yang relevan dengan niche website bisnis ataupun blog Anda.

Di tahap ini, PR Anda yaitu pahami bagaimana cara;

  • Mencari keyword yang berpotensi mendatangkan traffic untuk website Anda

  • Mengetahui tingkat kesulitan & persaingan keyword yang Anda pilih

  • Lalu, tentukan prioritas keyword utama yang website Anda targetkan

Caranya? Lagi-lagi kita perlu memanfaatkan Google, Anda bisa memanfaatkan alat Google untuk riset keyword melalui:

  • Google Keyword Planner, fitur yang didapatkan dari layanan Google Ads.

  • Google Trends, berguna untuk mencari kata kunci trending secara real-time.

  • Google Search Console, bisa mendapatkan kata kunci baru berdasarkan performa website-mu.

  • Pencarian Google, cukup masukkan topik di pencarian, maka Google akan menampilkan rekomendasi keyword yang sering dicari pengguna.

Selain alat gratis Google, SEO tools dari pihak ketiga juga menjadi opsi terbaik untuk mendapatkan keyword yang tepat.

5. Analisis Website Melalui Google Search Console (GSC)

Mendaftarkan website Anda di alat gratis ini salah satu cara agar website muncul di pencarian google. GSC memungkinkan Anda untuk menganalisis perkembangan website, inspeksi URL, dan penambahan sitemap.

6. Targetkan Long-tail Keywords

Jujur saja, kata kunci short-tail yang memiliki ribuan bahkan jutaan volume pencarian banyak ditargetkan oleh situs-situs besar yang memiliki otoritas tinggi. Jika Anda baru memulai website, Anda mungkin belum memiliki otoritas ataupun daya tarik sendiri. Untuk bersaing di kata kunci popular, tentunya masih akan sangat sulit.

Tipsnya, Anda dapat menargetkan kata kunci ekor panjang atau lebih dikenal dengan 'Long-tail Keywords' Ada banyak long-tail keyword dengan persaingan dan tingkat kesulitan yang lebih mudah di luar sana. Short keyword 'bisnis online' dengan estimasi volume pencarian 40.000 dan tingkat kesulitan SEO 60 Bandingkan dengan Long-tail keyword 'ide bisnis online modal kecil' dengan estimasi volume pencarian 170 dan tingkat kesulitan 42

Mungkin penggunaan long-tail keyword tidak membawa traffic sebanyak kata kunci short. Tetapi, jika memproduksi long-tail keyword secara konsisten. Maka, Anda bisa mendapatkan peluang visitor yang cukup banyak juga.

7. Optimasi Konten

Setelah menemukan keyword fokus konten, pastikan keyword tersebut ditambahkan di tempat yang tepat di postingan Anda. Pengoptimalan yang benar yaitu dengan cara memasukkan keyword di

· Judul (dan di awal judul)

· Deskripsi meta

· Permalink /URL

· Awal konten dan di dalam konten

· Sub-judul (Heading 2, 3, atau 4)

8. Rutin Update Postingan

Karena strategi Anda menargetkan long-tail keyword. Pada satu konten, Anda tidak bisa memasukkan lebih banyak kata kunci. Artinya, produksi lebih banyak konten untuk website Anda. Dengan produksi banyak konten, peluang Anda muncul di Google bukanlah hal yang mustahil lagi. Logikanya, semakin banyak Anda menulis, semakin banyak halaman diindeks Google, maka semakin besar peluang traffic masuk ke website Anda.

Lakukan secara teratur, dan konsisten. Lampaui pesaing Anda, dan dapatkan peringkatnya!

9. Website Mobile-Friendly

Sebagian besar orang-orang melakukan pencarian di Google menggunakan perangkat seluler mereka. Itulah mengapa, tampilan website yang mobile-friendly lebih dapat bantu mengoptimalkan dan menjadi cara agar website muncul di pencarian google.

10. Perhatikan PageSpeed Website

Website dengan loading yang lama, tentunya memiliki skor yang lebih rendah baik di mata Google maupun pengguna. Untuk melihat kecepatan website, Anda bisa kunjungi PageSpeed.web.dev, masukkan URL dan tunggu hasilnya. Ada banyak hal yang mempengaruhi loading website yang lambat, contohnya template website, plugin, dll.

11. Mainkan Internal Link

Cara agar website muncul di pencarian google satu ini merupakan kiat dalam strategi SEO On-page. Saat sedang memasukkan postingan blog, Anda dapat memasukkan internal link yang relevan dengan topik yang dibahas.

12. Dapatkan Backlink untuk Website Anda

Secara singkat, backlink artinya sebuah tautan dari website lain yang mengarah ke website Anda. Di mata Google, backlink menjadi sebuah 'sinyal' atau 'suara' untuk website atau konten Anda.

Hingga saat ini pun, walaupun algoritma Google terus berganti. Backlink tetap berada di puncak sebagai faktor yang mempengaruhi peringkat website.

Ada berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink, contohnya:

  • Hasilkan konten kualitas tinggi sehingga website lain memiliki alasan untuk menyematkan link menuju website Anda sebagai rujukan.

  • Buatlah infografis yang dapat digunakan orang lain dan Anda sebagai sumbernya.

  • Guest Posting atau memposting artikel di situs orang lain yang memungkinkan kita menempatkan tautan ke situs kita.

  • Membuat tautan di web 2.0. Seperti media sosial misalnya.

  • Press Release.

  • Dll.

Sebenarnya, ada banyak sumber backlink gratis yang bisa Anda jangkau. Web 2.0 adalah salah satu contoh sederhana yang dapat Anda jangkau.

13. Optimalkan Pencarian Lokal

Cara ini dapat digunakan jika website Anda ditujukan untuk pemilik bisnis lokal. Dalam ilmu SEO, ini lebih sering dikenal dengan SEO lokal. Tempat Google untuk mengarahkan pencarian khusus sesuai dengan lokasi geografis penggunanya.

Pada dasarnya, ada banyak orang yang melakukan pencarian di Google untuk mencari bisnis terdekat yang ada disekitar wilayahnya.

Di sini peran alat Google MyBusiness digunakan.

Untuk mulai muncul di Google Maps, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda di Google MyBusiness dan melakukan pengoptimalannya. Layanan yang satu ini, dapat Anda gunakan untuk:

  • Mengklaim bisnis di Maps

  • Menambahkan profile lengkap: alamat website, kontak bisnis, jam kerja, dan titik lokasi.

    Kesimpulan

Untuk yang baru memulai, cara agar website muncul di pencarian google bukanlah suatu hal yang yang instan.

Apalagi untuk berada di peringkat utama. Bahkan, banyak webmaster dan pembisnis ternama mengeluarkan modal dan waktu yang tidak sedikit untuk kampanye websitenya.

Saat sudah memulai, targetkan website Anda harus ada di halaman satu. Karena sebagian besar pengguna tidak akan menggulir ke halaman 2 saat melakukan pencarian, apalagi halaman 3, 4, dan seterusnya.

(Tagsite/teknikseo)