A2K3 INTERINDO Gelar Pelatihan Ahli K3 Umum

ADVERTISEMENT

A2K3 INTERINDO Gelar Pelatihan Ahli K3 Umum

Sponsored - detikInet
Senin, 14 Feb 2022 15:41 WIB
adv
Jakarta -

Masa pandemi covid-19 merupakan momentum bagi masyarakat untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di tempat kerja. Sebagai salah satu asosiasi profesi terkemuka bidang K3 di Indonesia, Asosiasi Ahli K3 Internasional Indonesia (A2K3 INTERINDO) pada tanggal 8-10 Februari 2022 telah menyelenggarakan Pelatihan Ahli K3 Umum secara daring. Pelatihan Ahli K3 Umum ini digelar dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2022.

Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa, fresh graduate pencari kerja, karyawan perusahaan, dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia. Penyelenggaraan pelatihan Ahli K3 Umum ini mendapatkan subsidi khusus dari A2K3 INTERINDO sehingga masyarakat tidak perlu membayar mahal mengikuti pelatihan ini. Para peserta yang mengikuti pelatihan ini hanya dikenakan biaya satu jutaan rupiah saja.

"Salah satu tujuan pelatihan ini adalah untuk memfasilitasi para lulusan baru, pengangguran, korban PHK, dan semua kalangan pencari kerja yang ingin memiliki kompetensi K3 untuk dapat bersaing di dunia kerja yang diharapkan segera pulih pasca pandemi nantinya" tutur ketua panitia pelatihan ini.

Materi pelatihan ini mengacu pada Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI No. 38 Tahun 2019 tentang penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang K3 pada jabatan kerja personil K3. Selama tiga hari para peserta pelatihan mempelajari tiga belas unit kompetensi, salah satunya adalah Merancang Strategi Pengendalian Risiko K3 di Tempat Kerja. Apabila semua potensi bahaya di tempat kerja telah dikendalikan.

adv

Melihat animo masyarakat Indonesia mengikuti program ini, ke depan A2K3 INTERINDO akan Kembali menyelenggarakan program-program pelatihan bersubsidi semacam ini untuk mendukung pemerintah khususnya Kementerian Ketenagakerjaan RI guna meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Dalam waktu dekat ini A2K3 INTERINDO berencana menyelenggarakan HSE/Safety Officer Development Program secara daring/online yang sasaran utamanya adalah para mahasiswa semester akhir dan fresh graduate pencari kerja di seluruh Indonesia. Program ini tentu nantinya juga boleh diikuti oleh masyarakat umum dari berbagai kalangan. Masih akan ada subsidi khusus dari A2K3 INTERINDO sehingga masyarakat tidak perlu kuatir soal biaya jika berminat mengikuti program ini.

(Tagsite/k3)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT