Cara Kompres dan Memperkecil Ukuran Foto

Cara Kompres dan Memperkecil Ukuran Foto

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 08 Feb 2022 07:15 WIB
Cropped image of happy girl using smartphone device while chilling at home
Foto: Getty Images/iStockphoto/Inside Creative House
Jakarta -

Tidak hanya menyulitkan ketika akan dilampirkan ke dalam email, foto berukuran besar juga menghabiskan kuota saat hendak dikirim. Agar memudahkan berikut cara kompres foto dan mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya.

1. Imagecompressor.com

Situs ini bisa diakses pakai desktop ataupun ponsel. Imagecompressor.com menawarkan kompresi foto gambar format JPEG, GIF dan PNG seminimal mungkin dengan tetap mempertahankan kualitas yang dibutuhkan.

Menariknya pengguna dapat mengupload hingga 20 gambar sekaligus untuk dikompresi ukurannya. Caranya mengkompres foto di Imagecompressor.com sebagi berikut:

- Buka Imagecompressor.com/id di browser

- Tekan tombil Unggah File

- Kita dimungkinkan untuk mengatur kualitas foto dengan menaikturunkan tombol

- Setelah selesai tinggal tekan tombol Unduh pada thumbnail foto.

2. IMG2GO.com

Situs ini tidak hanya digunakan untuk mengkompres, kita pun dapat mengecilkan foto. Bahkan dapat mengedit, mengkonversi gambar ke dokumen dan PDF, konversi HEIC ke JPG, serta membuat GIF animasi.

Untuk mengkompres atau mengecilkan foto caranya sebagai berikut:

- Akses img2go.com di browser

- Pilih Kompres atau Ubah Ukuran Gambar

- Pilih gambar yang tersimpan dalam perangkat, atau bisa memasukan URL, file dari Dropbox atau Google Drive

- Lalu sesuaikan ukuran gambar yang diinginkan

- Tekan Mulai untuk mengkompres atau mengecilkan ukuran

- Tunggu beberapa saat, setelah selesai gambar bisa diunduh atau diupload ke layanan cloud

3. Aplikasi Photo Compress & Resize

Untuk mengompres foto menggunakan ponsel atau HP Android ada banyak cara, termasuk menggunakan aplikasi. Salah satu aplikasi kompres foto yang mudah dan banyak digunakan adalah Photo Compress & Resize yang dikembangkan oleh Lit Photo.

Untuk menggunakannya pertama kalian harus mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store. Setelah proses download dan instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.

Di halaman depan pilih menu Compress Photos. Pilih foto yang kalian inginkan, dan kalian bisa memilih hingga 100 foto sekaligus untuk dikompres.

Setelah selesai memilih foto klik tanda centang yang ada di sisi kanan atas aplikasi. Kalian diberikan dua opsi kompresi yaitu mengecilkan foto berdasarkan kualitasnya atau ukurannya.

Jika kalian memilih opsi kualitas, geser slider yang ada hingga persentase kualitas yang diinginkan. Semakin besar persentasenya, semakin besar juga ukuran dan kualitasnya, begitu pula sebaliknya.

Jika kalian memilih opsi ukuran, kalian bisa mengecilkan ukuran sesuai dengan ukuran spesifik, misalnya 200 KB. Kalian cukup menggeser slider yang ke angka 200 KB.

Jika kualitas dan ukuran sudah sesuai keinginan klik Start Compressing. Tunggu beberapa saat dan foto kalian akan otomatis tersimpan di folder LitPhoto yang bisa diakses di Gallery atau file manager.



Simak Video "Bocoran Apple Watch Series 8"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)