Tips Cara Jualan Online di Marketplace Tokopedia dan Shopee

Tips Cara Jualan Online di Marketplace Tokopedia dan Shopee

Muhammad Akbar Syahputra - detikInet
Senin, 13 Des 2021 14:45 WIB
Belanja Online
Ilustrasi jualan online. Foto: Dana Aditiasari-detikFinance
Jakarta -

Di tengah pandemi, usaha jualan online banyak dilirik, misalnya di Tokopedia atau Shopee. Bersaing dengan banyak toko, bagaimana caranya agar jualan online laku dan menciptakan keuntungan yang besar?

Usaha jualan online sudah banyak digandrungi masyarakat selama beberapa tahun terakhir sejak kemunculan beberapa marketplace dan media sosial. Tidak sedikit juga pedagang yang sebelumnya hanya mengandalkan toko dan turun langsung ke lapangan, kini beralih ke toko online.

Tips atau cara jualan online tentunya tidak mudah. Harus dengan persiapan serta perencanaan yang matang akan produk yang dipasarkan. Berikut sekilas langkah untuk membantu Detikers memulai bisnis online.

1. Tentukan produk yang akan dijual

Sebelum memulai berjualan, tentunya kita harus tahu terlebih dahulu akan produk apa yang ingin kita jual. Detikers dapat memilih produk buatan sendiri atau produk buatan orang lain (reseller) untuk dipasarkan. Jika detikers memilih untuk memasarkan produk buatan sendiri, maka detikers dapat dengan bebas menentukan seperti apa produknya nanti dan sekaligus bisa belajar dalam hal pengelolaan marketing. Yang perlu diperhatikan ialah kualitas produk dan membranding brand baru yang dipasarkan.

Jika detikers memilih untuk jualan online produk buatan orang lain, detikers tak perlu repot untuk memikirkan bagaimana caranya membranding produk dan memilih bahan baku. Detikers hanya perlu mencari supplier yang mau meminjamkan produknya terlebih dahulu, sehingga detikers dapat memulai berjualan online tanpa modal.

2. Tentukan harga yang wajar

Dikutip dari kompas.com, strategi paling mudah dalam menentukan harga yaitu dengan melihat kompetitor. Jika ingin cepat terjual, detikers dapat menggunakan strategi potongan harga atau diskon namun dengan tetap mempertimbangkan keuntungan. Tidak perlu ragu untuk menetapkan harga yang mungkin lebih tinggi jika menurut detikers produk yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa.

3. Tentukan target pasar

Setelah menentukan produk dan juga harga, selanjutnya adalah menentukan pasar. Karena menggunakan sistem online, maka detikers tentunya bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Walaupun dengan jangkauan yang luas, detikers juga tetap harus memperhatikan target pasar yang sesuai dengan produk ya!

4. Membuka toko online

Untuk mendirikan toko online, detikers dapat memilih website pribadi atau menggunakan media sosial pribadi. Detikers juga bisa mendaftar di berbagai aplikasi yang menawarkan e-commerce. Sudah banyak aplikasi e-commerce yang bisa Anda gunakan, sebut saja Tokopedia atau Shopee. Pengelolaannya pun cukup mudah dan efisien.

5. Promosi

Promosi akan produk, bisa dilakukan melalui media sosial pribadi. Detikers dapat memulai mempromosikan produk dengan teman terdekat atau kerabat. Melalui media sosial, detikers juga bisa memulai untuk mencari komunitas-komunitas online yang antusias dengan jenis produk yang dijual sebagai referensi. Manfaatkan pula fitur-fitur yang ada di ecommerce untuk semakin membuat produkmu makin dikenal. Pastikan promosi dengan hitung-hitungan yang cermat sehingga tidak malah membuat rugi.

6. Mencari relasi

Agar bisnis bisa berkembang, cobalah untuk mencari relasi yang berada di bidang yang sama. Dengan demikian detikers memiliki seorang bisa diajak untuk saling berkonsultasi masalah bisnis dan bisa dijadikan sebagai mentor. Tentunya untuk menjadikannya mentor, pilihlah orang yang sekiranya lebih berpengalaman dalam bidang atau penjualan produk tersebut.

7 Lakukan evaluasi

Evaluasi bisnis dalam jualan online juga sangat penting untuk dilakukan. Dengan mengevaluasi bisnis, kamu dapat mengetahui hal yang kurang dan sudah tepat kamu lakukan. Kamu juga bisa menambah strategi baru jika memiliki hasil evaluasi yang kurang memuaskan.



Simak Video "Dilayani Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM Lokal"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)