Cara Mengamankan Kamera HP Agar Tidak Di-hack Orang

Cara Mengamankan Kamera HP Agar Tidak Di-hack Orang

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 28 Nov 2021 18:08 WIB
Darkweb, darknet and hacking concept. Hacker with cellphone. Man using dark web with smartphone. Mobile phone fraud, online scam and cyber security threat. Scammer using stolen cell. AR data code.
Cara Mengamankan Kamera HP Agar Tidak Diretas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tero Vesalainen
Jakarta -

Apakah kamu pernah dengar bahwa hacker bisa meretas kamera HP-mu? Untungnya, adalah mungkin untuk melindungi diri kamu dari pantauan hacker tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan kemampuan mereka.

Jika kamu khawatir dan sadar bahwa ada potensi kamera HP kamu diretas, coba lakukan langkah berikut untuk mengamankan HP sebagaimana melansir First Digital:

1. Kunci

Jika HP kamu tidak mengunci sendiri secara otomatis, pastikan kamu menyetelnya agar memerlukan kode sandi (yang kuat), sidik jari, atau pengenalan wajah untuk dibuka. Ini mungkin tampak sedikit merepotkan tapi tidak sebanding dengan risikonya jika kamu mengabaikan langkah ini.

2. Tetap update

Selalu catat bahwa wajib memperbarui sistem operasi dan perangkat lunak ponsel secara teratur. Jadi, setiap kali pemberitahuan muncul, instal segera atau atur ponsel kamu untuk menginstal semua pembaruan secara otomatis.

3. Jangan pernah pakai wifi publik

WiFi publik sangat terlarang. Di mana pun itu, karena ketika kamu terhubung maka kamu membuka kerentanan pada HP. Jika kamu harus menggunakan WiFi publik, login terlebih dahulu ke VPN yang menyalurkan jaringan melalui komunikasi terenkripsi.

Tambahan, kamu diimbau mematikan fitur auto-join dan Bluetooth sama sekali dan hanya menyalakannya saat kamu membutuhkannya.

4. Aplikasi yang aman-aman saja

Hanya unduh aplikasi dari platform resmi (Apple App Store dan Google Play Store). Jangan pernah mengunduh aplikasi yang dikirimkan kepada kamu melalui teks. Juga, jangan jailbreak / root HP kamu atau menggunakan yang sudah pernah di-jailbreak sebelumnya.

Oh iya, beberapa aplikasi secara default memiliki akses ke kamera. Periksa pengaturan setiap aplikasi untuk memastikan akses kamera dimatikan. Saat kamu melakukannya, cabut izin lain yang tidak dibutuhkan yang secara default 'aktif' saat diunduh.

Tonton juga video menarik lainnya tentang tempat untuk meluapkan emosi di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]



(ask/agt)